Sri Mulyani Beberkan Keberhasilan Penanganan Covid-19 hingga Pulihnya Ekonomi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 320 2492616 sri-mulyani-beberkan-keberhasilan-penanganan-covid-19-hingga-pulihnya-ekonomi-DgGeFh3dpr.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Pemulihan Ekonomi Nasional berlanjut, didukung keberhasilan penanganan Covid-19. Kasus harian Covid-19 pun terus menurun sejak awal Agustus 2021.

"Perkembangan tersebut mendorong pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) sehingga aktivitas ekonomi mengalami pemulihan bertahap," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Vaksinasi hingga Prokes Ketat Jadi 'Senjata' Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

Kata dia, pulihnya aktivitas ekonomi tercermin pada perkembangan beberapa indikator dini hingga September 2021 yang menunjukkan perbaikan, antara lain Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur kembali berada pada zona ekspansif di level 52,2, meningkatnya mobilitas penduduk, indeks belanja masyarakat, penjualan kendaraan bermotor, penjualan semen, serta konsumsi listrik sektor industri dan bisnis.

Sementara itu, laju inflasi terkendali di level 1,60% (yoy). Dari sisi eksternal, surplus neraca perdagangan terus berlanjut di bulan September 2021, mencapai USD4,37 miliar atau secara akumulatif Januari–September telah mencapai USD25,07 miliar. Posisi cadangan devisa berada pada level USD146,87 miliar, atau setara dengan 8,9 bulan impor barang dan jasa.

Baca Juga: Antisipasi Libur Nataru, Menhub Belajar dari Kasus China hingga Inggris

"Perkembangan positif tersebut tidak terlepas dari upaya penguatan sinergi dan koordinasi kebijakan antara Pemerintah, BI, OJK, dan LPS dalam rangka menjaga SSK serta akselerasi pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Pemerintah melalui instrumen APBN terus bekerja keras mengatasi pandemi, memberikan perlindungan sosial, dan mempercepat pemulihan ekonomi. Peningkatan kasus harian Covid-19 Indonesia pada bulan Juni 2021 direspon Pemerintah dengan optimalisasi program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN), melalui peningkatan anggaran belanja negara untuk mendukung percepatan vaksinasi serta testing, tracing, dan treatment.

Upaya Pemerintah juga ditempuh untuk menjaga daya beli dan pemulihan ekonomi melalui peningkatan bantuan sosial serta dukungan bagi UMKM dan sektor usaha pada saat PPKM. Penerapan PPKM yang didukung dengan strategi belanja negara yang responsif terbukti efektif dalam menurunkan kasus harian Covid-19, bahkan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Penurunan kasus harian Covid-19 sejak akhir Juli 2021 dan peningkatan aktivitas ekonomi berimplikasi positif terhadap realisasi pendapatan negara. Per September 2021, pendapatan negara mencapai Rp1.354,8 triliun (77,7% dari target), tumbuh sebesar 16,8% (yoy), ditopang oleh meningkatnya penerimaan pajak (13,2%), kepabeanan dan cukai (29%) dan PNBP (22,5%).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini