Share

Konten Viral Salam dari Binjai, Bukti RI Kurang Literasi Digital

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 05 November 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 622 2497467 konten-viral-salam-dari-binjai-bukti-ri-kurang-literasi-digital-msBkmyspjw.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Viralnya sebuah konten yakni "Salam dari Binjai" pada sebuah media sosial yang merusak banyak pohon pisang merupakan bukti masyarakat Indonesia masih kurang dalam hal literasi digital.

Menurut Akademisi dan Pakar Digital Marketing, Firman Kurniawan konten tersebut bermuara pada dirusaknya kebun pohon pisang milik warga di Lamongan dan Salatiga yang dirusak oleh peniru konten.

"Ini menurutnya saya implikasi yang menurut saya bukan sekedar literasi digital saja yang harus kita bangun tetapi bagaimana menggunakan perangkat digital ini supaya bermanfaat, baik diri sendiri maupun orang lain," ujarnya dalam MNC Tech Forum 2021, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: MNC Tech Forum, Kominfo: Industri Harus Bisa Beradaptasi

Dia menjelaskan beberapa survei menunjukan bahwa tingkat literasi digital pada masyarakat Indonesia saat ini cukup rendah. Misalnya survei dari microsoft yang dilakukan pada tahun 2020 yang meletakan Indonesia pada posisi 29 dari 32 negara terkait keberadaban menggunakan media sosial.

Baca Juga: MNC Tech Forum Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat RI

"Ini adalah implikasi yang menurut saya tidak cukup dari sekedar literasi digital, namun perlu sosialisasi dengan penggunakan perangkat digital," sambung Firman.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Firman menambahkan menggunakan perangkat digital ini tidak hanya untuk mengundang atensi dengan konten kontroversi. Namun harus menimbang kebermanfaatannya dan manfaat yang akan ditimbulkan.

"Perkembangan digital tidak bisa hanya berbicara perkembangan ekonomi, namun penting untuk memperbaiki kehidupan sosial dalam masyarakat, situasi politik, hingga memperbaiki kebudayaan masyarakat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini