Share

PSBBI Dimanfaatkan Masyarakat untuk Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru

Mohamad Yan Yusuf, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 455 2513327 psbbi-dimanfaatkan-masyarakat-untuk-belanja-kebutuhan-natal-dan-tahun-baru-QdHnjFiHuz.jpg PSBBI dimanfaatkan belanja kebutuhan natal dan tahun baru (Foto: MNC Media)

JAKARTA – Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) dapat dimanfaatkan masyarakat untuk belanja beberapa kebutuhan hampers untuk hari raya Natal, Tahun Baru, dan Hari Ibu. Program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini memberikan banyak keuntungan.

Antara lain voucher belanja dengan potongan 50% untuk setiap pembelian Rp200.000 cukup meringankan konsumen sehingga sisa dana bisa dipakai untuk menabung atau membeli kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga: Dukung Pelaku UMKM di Harbolnas, Manfaatkan Voucher PSBBI

“Saat akhir tahun saya biasa membeli hampers. Tapi karena ada program ini, saya tak perlu keluar uang banyak,” kata Natali (35), salah satu konsumen PSBBI, Selasa (7/12/2021).

Sebelumnya dalam merangsang pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Kemenparekraf mengeluarkan stimulus yakni voucher potongan Rp100.000 kepada konsumen yang belanja produk lokal dengan pembelian minimal Rp200.000.

Baca Juga: UMKM Dapat Kucuran Rp1,2 Triliun

Natali mengakui adanya program ini membantu dirinya dalam menyediakan beberapa hampers Natal dan Tahun Baru untuk dikirimkan ke sejumlah teman dan koleganya. Bila biasanya dia bisa mengeluarkan uang Rp 2 juta, dengan menggunakan voucher PSBBI di beberapa e-comerce, dia hanya menghabiskan Rp 1 juta.

“Saya pikir ini program yang baik dan membantu saya sebagai pembeli serta membantu umkm sebagai penjual,” imbuhnya.

Adapun e-commerce yang menjadi partner PSBBI adalah Bukalapak, Bhinneka, Blibli, The FThing, Goorita, MalangGleerr, EverMos, PaxelMarket, BeeMarket, GrabFood, Jakcloth, Lakon Store, Amudra, serta Lakkon.ID.

Natali berharap masyarakat Indonesia dapat memanfaatkannya stimulus ini sebelum berakhir, yakni 12 Desember 2021 mendatang. Belanja barang untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru. “Atau kado untuk Hari Ibu bisa dilakukan sebelum PSBBI habis,” katanya.

Di sisi lain, mengingat program yang begitu bermanfaat bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia dan daya beli masyarakat, Natali berharap program ini akan berlanjut di tahun tahun mendatang. “Perlu diperpanjang waktunya atau diadakan pada momen-momen tertentu,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini