Share

Kabar Pertamina Stop Avtur Garuda, Dirut: Kayaknya Ada yang Bohongin Dahlan Iskan

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 320 2520817 kabar-pertamina-stop-avtur-garuda-dirut-kayaknya-ada-yang-bohongin-dahlan-iskan-bqsaEaoKfw.png Garuda Indonesia (Foto: Dokumentasi GIAA)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) membantah pernyataan Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan soal PT Pertamina (Persero) stop avtur ke Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menilai pernyataan Dahlan keliru, termasuk hanya 11 pesawat Garuda yang dioperasikan saat ini.

"Kayaknya ada yang bohongin Pak DL (Dahlan Iskan). Nah bisa dicek ke dia tuh. Gak mau komen posting orang ke Garuda," ujarnya saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Hanya Punya 11 Pesawat, Pertamina Stop Avtur Garuda Indonesia

 

Dahlan menyatakan bahwa Pertamina memutuskan tidak lagi menyuplai bahan bakar kepada Garuda Indonesia. Keputusan tersebut menyusul emiten mencatatkan utang avtur sebesar Rp16 triliun.

Menurutnya, keputusan Pertamina berdampak signifikan pada operasional armada pesawat milik maskapai penerbangan pelat merah itu. Setidaknya hanya 11 pesawat saja yang dioperasikan manajemen Garuda Indonesia.

"Setidaknya Garuda masih bisa tetap terbang. Sampai Kamis lalu. Biar pun hari itu hanya terbang dengan 11 pesawat. Itulah hari terbang paling minimal bagi Garuda. Setidaknya selama banyak tahun terakhir. Maka tidak salah kalau ada yang tetap berkata Garuda masih baik-baik saja. Setidaknya yang 11 pesawat itu," ungkap Dahlan dikutip di laman Disway.

Dia mencatat, Garuda masih memiliki 40 lebih pesawat. Masalahnya, terkendala bahan bakar setelah Pertamina sudah tidak mau lagi memasok avtur kepada perusahaan. Bahkan Dahlan menilai ketegasan Pertamina itu sudah sangat telat.

"Pertamina sudah terlalu baik pada Garuda. Bagaimana dengan yang sebelas pesawat itu? Kok masih bisa terbang? Saya pun mencari info kanan-kiri. Siapa tahu Pertamina kembali jatuh kasihan. diberi lagi bahan bakar. Biar pun sekadarnya untuk 11 pesawat," kata dia.

Ternyata, Pertamina tidak lagi memasok bahan bakar. Satu-satunya toleransi yang masih diberikan Pertamina adalah memberikan BBM, namun harus dibayar kontan. Artinya, sebelum ada uang masuk ke rekening Pertamina, BBM tidak akan dikucurkan. Seberapa masuknya uang, segitulah BBM yang diisikan ke pesawat.

"Rupanya Garuda masih punya uang. Masih bisa untuk membeli BBM secara eceran. Meski hanya cukup untuk 11 pesawat. Yang penting masih bisa baik-baik saja," tutur Dahlan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini