Share

Market Outlook 2022, MNC Asset: Vaksinasi & Herd Immunity Bakal Jadi Game Changer Ekonomi Global Membaik

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 278 2522131 market-outlook-2022-mnc-asset-vaksinasi-herd-immunity-bakal-jadi-game-changer-ekonomi-global-membaik-NgL3tinb2L.jpg MNC Asset Management (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Sukses menggelar webinar market outlook 2022 pada Selasa, 21 Desember 2021 yang lalu, MNC Asset menyampaikan beberapa poin penting terkait dengan kondisi market di tahun 2022.

Head of investment Ipan Samuel Hurabat,  yang menjadi salah satu narasumber memberikan pernyataan bahwa ada beberapa isu yang akan mempengaruhi perekonomian global dan domestik. Diantaranya adalah isu varian Covid-19 (omicron), tapering dan peningkatan suku bunga The Fed.

Menurut Ipan, isu mengenai varian baru Covid-19 yang masih bermunculan akan sangat menentukan perekonomian global dan volatilitas pasar saham dunia. Oleh, sebab itu ketidakpastian global diprediksi masih akan menghantui tahun 2022.

Baca Juga: Dear Investor, Intip Bocoran Strategi Cuan Tahun Depan di Webinar Market Outlook 2022 MNC Asset, Daftar di Sini!

Kondisi sebaliknya mungkin saja terjadi dan apabila vaksinasi global telah mencapai herd immunity serta varian baru yang dapat terkendali, bukan tidak mungkin bahwa perekonomian global akan membaik.

“Jadi, tahun depan isu varian Covid-19 yang kasusnya masih berfluktuasi di banyak negara akan menjadi game changer dan menentukan perbaikan perekonomian global dan domestik,” ucap Ipan, Jumat (24/12/2021).

Di sisi lain, isu tapering dan kenaikan suku bunga The Fed yang dipercepat juga akan dikhawatirkan memberikan dampak penurunan nilai tukar rupiah karena aliran dana asing ( capital outflow ) yang juga meningkat. Apabila hal ini terjadi maka yield SBN akan meningkat dan tingkat harga yang menurun.

Baca Juga: Kulik Lifestyle vs Investasi 'Mbak-Mbak SCBD', Simak IG Live MNC Asset, Besok Kamis Pukul 16.00!

Di tengah ketidakpastian tersebut, Dimas A. Ariadi selaku CMO MNC Asset menyarankan investasi reksa dana di tahun 2022 dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan waktu penempatannya, yaitu short term, medium term dan long term. Menurut Dimas, penempatan sesuai dengan time horizon tersebut dimaksudkan agar risiko, tujuan investasi dan return dapat terdiversifikasi.

“Melihat kondisi market 2022 yang masih diselimuti keadaan uncertainty, saya sarankan agar investor reksa dana dapat membaginya berdasarkan time horizon, misalnya short term di reksa dana pasar uang MNC Dana Lancar, medium term di reksa dana pendapatan tetap MNC Dana Likuid dan long term di reksa dana ETF MNC36,” terangnya.

Dengan membagi porsi investasi ke tiga hal tersebut diharapkan potensi return reksa dana dapat dimaksimalkan. Adapun pembelian produk reksa dana tersebut dapat melalui aplikasi MotionFunds yang dapat diunduh melalui tautan bit.ly/MotionFunds atau website www.motionfunds.id.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini