Share

Mengenal Istilah PKWT, Bisa untuk Pekerjaan Tetap?

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 622 2523310 mengenal-istilah-pkwt-bisa-untuk-pekerjaan-tetap-T5NkNbyZ3y.jpg Mengenal istilah PKWT dalam perjanjian kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Istilah PKWT sudah sering muncul saat membahas tentang dunia kerja. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami lingkup berlakunya PKWT.

Baca Juga: Pengumuman! Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja, Buruan Daftar Cuma Sampai 22 November

Mengutip dari Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Senin (27/12/2021), perjanjian kerja waktu tertentu atau PKWT biasanya dipakai untuk karyawan kontrak di suatu perusahaan.

"Hubungan kerja yang dilakukan menggunakan PKWT didasarkan atas jangka waktu atau selesainya suatu pekerjaan tertentu," tulis Kemenaker.

Baca Juga: Pekerja Kontrak Bisa Jadi Tetap, Simak Syarat dan Ketentuannya

Dengan demikian, PKWT tidak dapat digunakan untuk semua jenis pekerjaan. Dalam hal ini, pekerjaan yang bersifat tetap juga tak dapat menggunakan istilah ini.

"PKWT tidak dapat digunakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap," imbuh mereka.

Adapun ketentuan jangka waktu yang berlaku dalam PKWT adalah penyelesaiannya tidak butuh waktu lama, bersifat musiman, atau berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk tambahan yang masih dalam percobaan dan penjajakan.

Sementara itu, ketentuan waktu penyelesaian pekerjaan yang memberlakukan PKWT adalah sekali selesai atau bersifat sementara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini