Share

Mantan Sales Ini Jual Bisnis Penyewaan Pesawat Rp61 Triliun

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 455 2523636 mantan-sales-ini-jual-bisnis-penyewaan-pesawat-rp61-triliun-61umLrJFLp.jpg Li Ka-Sing. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA- Li Ka-shing menjadi salah satu pesaing Jack Ma dalam daftar orang terkaya se-Asia. Li Ka-shing merupakan pengusaha dan filantropis asal Hong Kong yang memiliki Cheung Ko.

Selain itu, miliarder Hong Kong ini juga punya bisnis CK Asset yang kini dikabarkan tengah menjual bisnis sewa pesawatnya seharga USD4,3 miliar atau setara Rp61,4 triliun (kurs Rp14.300/dolar) kepada Maverick Aviation.

Baca Juga: Untung Rp85 Miliar, Pria Ini Beli Barang Walmart dan Dijual Lagi di Amazon

Maverick Aviation sendiri adalah bisnis yang dikelola investasi penerbangan komersial dan unit servis Carlyle Group. Carlyle menyatakan, kesepakatan antara keduanya pun diharapkan bisa selesai pada kuartal kedua tahun depan.

Keuntungan agregat yang bisa timbul karena penjualan ini diperkirakan tembus USD170 juta (Rp2,4 triliun), hal ini menurut pengembang properti Hong Kong menurut pengajuan ke bursa saham Hong Kong.

Baca Juga: Kisah Inspiratif! Nyaris Bangkrut, Wanita Ini Hasilkan Cuan dari Limbah Jeans

“Covid-19 telah menyebabkan pergeseran paradigma di sektor penyewaan pesawat. Dinamika risiko dan pengembalian menjadi tidak stabil dan tidak dapat diprediksi, dan industri telah mengalami peningkatan aktivitas konsolidasi, merger, dan akuisisi untuk mengurangi volatilitas tersebut,” kata CK Asset dalam pengarsipan, dikutip dari Forbes, Selasa (28/12/2021).

“Menyusul konsolidasi internal bisnis penyewaan pesawat Grup, Grup menganggap ini saat yang tepat untuk keluar dari sektor penyewaan pesawat dan meningkatkan fokus strategisnya selama pandemi,” lanjut CK Asset.

CK Asset sendiri berkepentingan di bidang perhotelan, pengembangan properti, dan manajemen properti. Pada 2018, Li pensiun sebagai pimpinan CK Asset dan CK Hutchison. Meski begitu, dia tetap menjadi penasihat senior untuk kedua perusahaan itu.

Kini, Victor selaku putra sulung Li mengambil alih perusahaan sebagai ketua kedua.

Menurut pernyataan dari Ketua Carlyle Aviation Partners, William Hoffman, akuisisi ini bakal membantu Carlyle meningkatkan kemampuan mereka untuk pelanggan maskapai dan menguntungkan semua investor.

Kisah Li Ka-shing

Di balik pengaruh kuatnya di dunia ekonomi, Li hanyalah seorang anak yang menjadi tulang punggung keluarga pada masa lalu.

Lahir dari keluarga miskin di Chaozhou, Provinsi Guangdong, China, pada 29 Juli 1928, ayahnya merupakan seorang guru sebuah sekolah dasar setempat.

Dia tumbuh ketika terjadi kekacauan politik besar di China sehingga mengharuskan keluarganya melarikan diri ke Hong Kong pada 1940 setelah invasi Jepang ke China. Datang dengan modal yang sangat minim, mereka harus berjuang untuk membangun kembali kehidupan di lingkungan baru tersebut.

Namun, kehidupan berkata lain. Habis jatuh tertimpa tangga pula, itulah yang terjadi pada keluarga Li. Sebuah tragedi besar lainnya menimpa keluarga mereka dalam rentang waktu tiga tahun. Ayahnya sakit karena tuberkulosis (TB) dan meninggal saat Li Ka-shing baru berusia 15 tahun.

Li pun terpaksa putus sekolah dan mengambil pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Dia mulai bekerja di sebuah perusahaan perdagangan plastik sebagai salesman yang menjual arloji dan ikat pinggang plastik. Ia bekerja sangat keras hingga 16 jam sehari dan terbukti menjadi salesman yang cakap.

Dalam sebuah wawancaranya dengan Forbes, dia mengatakan bahwa pengalaman paling mengerikannya selama masa kanak-kanak adalah ketika dia harus menyaksikan ayahnya menderita dan akhirnya meninggal karena TB.

Menurutnya, kematian ayahnya membuat ia cukup terpukul dan trauma. Kemiskinan dan rasa ketidakberdayaan serta isolasi mendatangkan pertanyaan mungkinkah membentuk kembali takdir seseorang? Dan apakah mungkin untuk meningkatkan peluang sukses melalui perencanaan yang teliti?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini