Share

Menko Airlangga Ingin Kartu Prakerja Dicontoh Negara-Negara Berkembang

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 320 2548845 menko-airlangga-ingin-kartu-prakerja-dicontoh-negara-negara-berkembang-8wh7Sv3Gfh.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com/Kemenko Perekonomian. (Foto: Okezone.com/Kemenko)

JAKARTA - Program Kartu Prakerja Gelombang 23 resmi dibuka. Kartu Prakerja merupakan inovasi program pemerintah dalam merespons secara cepat dampak pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Program Kartu Prakerja akan terus didorong khususnya dalam event G20.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftarnya

“Kartu Prakerja ini akan menjadi template pemerintah dan mendorong inklusi keuangan di masa pandemi Covid-19 dan kami akan terus dorong khususnya di masa event atau program G20 terutama mendukung recover together dan recover stronger,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi, Kamis (17/2/2022).

Airlangga mengatakan, Program Kartu Prakerja dapat menjadi percontohan dan kebijakan negara lain untuk direplikasi, sehingga dapat diimplementasikan di negara berkembang lainnya.

Baca Juga: 5 Fakta Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Bisa Dapat Rp3,5 Juta

“Sehingga program Prakerja lainnya ini bisa direplikasi, di negara-negara berkembang lain. Karena program prakerja sudah diterima 11,4 juta dari 22 gelombang dan berdasarkan survei yang ikut program ini belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya,” paparnya.

Sementara itu, Airlangga mengatakan, penerima program semi bantuan sosial (bansos) sekaligus pelatihan itu memiliki beragam latar pendidikan mulai dari SD sampai sarjana, dari penyandang disabilitas hingga purna pekerja migran indonesia.

“Kalau kita lihat untuk prakerja ini banyak dimanfaatkan sesuai minat dan ini menunjukan peningkatan pengetahuan bagi peserta pekerja dan saya berharap yang sudah mengikuti program ini untuk terus belajar dan mempraktekan dan dapat menjadi wirausaha yang dapat diandalkan,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini