Share

Biaya Haji Boleh Naik Rp45 Juta Asalkan Bertahap, Setuju?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 320 2549554 biaya-haji-boleh-naik-rp45-juta-asalkan-bertahap-setuju-GnT8CKguCr.jpg Biaya haji boleh naik asalkan bertahap. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Haji dan Umroh Mustolih Siradj menyebut kalau biaya haji boleh naik asalkan secara bertahap.

Hal itu karena menurutnya, kondisi masyarakat masih belum tepat untuk menerima kenaikan biaya haji akibat pandemi Covid-19.

"Kita lihat karakteristik masyarakat yang pendaftar tidak semua mampu dan berlebihan. Ada juga yang sudah puluhan tahun nabung atau dia menjual asetnya untuk bisa menunaikan haji," ujarnya.

 BACA JUGA:4 Penyebab Biaya Haji Naik Jadi Rp45 Juta, Pajak hingga Ongkos Tak Terduga Imbas Covid-19

Dia meminta agar pemerintah menaikannya dengan bertahap saja.

Mengingat, banyak masyarakat yang sampai rela menjual aset untuk bisa berangkat haji, lalu ketika mereka tahu naik tentu bisa semakin memberatkan.

"Kenaikannya tidak harus sampai 45 juta, tapi bertahap dengan melihat kemampuan jemaah dan kondisi sosial-ekonomi saat ini, tapi tidak terus-terusan membebani keuangan haji. Misalnya rate-nya 3-4 juta," jelasnya.

Meskipun dia menyebut kalau kenaikan itu akan membebankan masyarakat, tapi di sisi lain keputusan itu untuk menjaga keseimbangan pengelolaannya.

(ZWD)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini