Share

Stok Daging Sapi Aman, Pedagang di Jabodetabek Kembali Berjualan

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Minggu 06 Maret 2022 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 320 2557053 stok-daging-sapi-aman-pedagang-di-jabodetabek-kembali-berjualan-ERdDQ1NP2D.jpg Pedagang daging sapi Jabodetabek kembali berjualan.

JAKARTA - Menanggapi adanya keresahan masyarakat membeli daging sapi saat ini, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir karena stok daging sapi aman.

Bahkan pedagang daging sapi di wilayah Jabodetabek sudah aktif berjualan kembali.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Tri Melasari mengatakan, bahwa Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan melalui Petugas Informasi Pasar (PIP) yang tersebar di seluruh pasar wilayah Jabodetabek.

"Untuk area Jakarta Selatan, di Pasar Minggu, Pasar Kebayoran dan Pasar Buncit saat ini para pedagang sudah mulai aktif berjualan," terangnya, Minggu (6/3/2022).

 BACA JUGA:Teriak Pedagang Daging Sapi Usai Mogok, Tak Ada Hasil Malah Rugi Besar

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur, Melasari menyebutkan, pedagang daging sapi sudah aktif berjualan di pasar Perumnas Klender, Pasar Jatinegara dan Lokbin Makasar.

Demikian juga untuk wilayah Jakarta Pusat, yakni meliputi Pasar Thomas Cideng, Pasar Senen Blok C, dan Pasar Abdul Gani.

Bergeser ke Jakarta Utara, masyarakat dapat membeli daging sapi di pasar koja baru, pasar kelapa gading, dan pasar lokbin rorotan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara di Jakarta Barat, di antaranya ada di Pasar Lokbin Meruya Ilir, Pasar Slipi, dan Pasar Tomang Barat.

“Bagi masyarakat yang ingin dapat mengakses daging beku juga bisa membelinya melalui Toko Tani Indonesia yang tersebar di wilayah Jabodetabek,” ujar Melasari.

 BACA JUGA:Kemenkes : Paket Obat untuk Pasien Isoman Dikirim dalam 1x24 Jam

Dia memaparkan, berdasarkan update data per 2 Maret 2022 hasil pendataan dan verifikasi secara faktual data ketersediaan daging sapi/kerbau bulan Maret hingga Mei 2022 sebanyak 234.091,2 ton, sedangkan kebutuhan sebanyak 202.937,8 ton, sehingga masih ada surplus sebanyak 31.153,4 ton.

Adapun komposisi ketersediaan daging tersebut terdiri dari produksi sapi/kerbau lokal sebanyak 445.884 ekor atau setara daging 80.268,0 ton, kemudian, total sapi bakalan impor siap potong pada Maret hingga Mei sebanyak 143.464 ekor atau setara daging 27.500,6 ton, dan daging sapi/ kerbau beku impor sebanyak 95.114,8 ton.

“Untuk itu, kita minta agar masyarakat tidak perlu khawatir, demikian juga para pemotong dan pedagang daging sapi agar tetap berjualan karena stok sapi siap potong dan daging sampai lebaran Insya-Allah aman,” jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini