Share

Sri Mulyani Minta Informasi soal Pajak Dipermudah, Ciptakan Konsep yang Tak Rumit

Antara, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 320 2566657 sri-mulyani-minta-informasi-soal-pajak-dipermudah-ciptakan-konsep-yang-tak-rumit-Esyx0jwpAw.jpg Sri Mulyani minta informasi pajak dipermudah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Direktorat Jenderal Pajak (DJP) agar dapat membumikan atau mempermudah berbagai informasi terkait pajak.

Hal itu sebagai strategi untuk menggaet lebih banyak generasi muda agar ingin berkontribusi.

“Ini yang harus terus menerus bagi Kemenkeu, DJP membumikan, memudahkan, dan menciptakan konsep yang tidak rumit,” katanya dalam acara Tax Campaign Spectaxcular DJP 2022 di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, kini banyak generasi muda yang memiliki ide untuk berkontribusi bagi pembangunan negara melalui pajak.

 BACA JUGA:Sri Mulyani: Pajak untuk Membangun, Bukan Nyusahin Rakyat

Tapi di sisi lainnya, ide mereka tidak tersalurkan karena generasi menganggap aspek-aspek terkait pajak sangat rumit dan menakutkan.

Sehingga, ini menjadi salah satu tugas Kementerian Keuangan termasuk DJP adalah menyebarluaskan informasi mengenai pajak dengan cara yang mudah dipahami dan kekinian.

“Tugas kita adalah untuk menyampaikan kepada mereka yang belum tahu dan membutuhkan bimbingan. Ini sangat penting buat kita untuk reaching out terutama ke generasi muda,” jelasnya.

Adapun caranya dengan mengadopsi teknologi digital untuk mengatasi persepsi masyarakat yang selama ini kurang benar sehingga mereka enggan dan takut memenuhi kewajiban pajaknya.

Kemudisan, adopsi teknologi digital juga dilakukan untuk mengatasi masalah teknis termasuk dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang dianggap rumit oleh masyarakat.

 BACA JUGA:Tarif PPN 11% dan Rata-Rata Dunia 15%, Sri Mulyani: Indonesia Tidak Berlebihan

Dia pun berharap jajaran DJP untuk terus mengeluarkan kreativitas, inovasi, teknologi dan edukasi dengan tetap mengedepankan kemudahan akses bagi masyarakat sehingga mudah dipahami.

“Hal-hal yang tampak sederhana, kadang teman di pajak itu menganggap ‘kayak gitu aja enggak ngerti’ ya memang tidak mengerti jadi harus dibuat mengerti,” pintanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini