Share

Perjalanan Keagamaan Kena PPN Segini, Umrah Bakal Dipajaki?

Antara, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 320 2574386 perjalanan-keagamaan-kena-ppn-segini-umrah-bakal-dipajaki-TkeIrHjG5x.jpg Perjalanan keagamaan kena PPN. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perjalanan keagamaan disebut akan dikenai tarif PPN sebesar 0,5 persen.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Perdagangan, Jasa, dan Pajak Tidak Langsung Lainnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bonarsius Sipayung menyebut pemerintah menerapkan asas keadilan untuk memungut PPN dalam perjalanan keagaman.

Dia mengatakan pemerintah memungut PPN atas jasa akomodasi untuk perjalanan ibadah keagamaan, dan bukan atas ibadah itu sendiri.

"Jasa akomodasi apapun itu sebetulnya kena PPN. Nah umroh atau ziarah kan ada perjalanan, oleh sebab itu kita atur," kata Bonarsius dalam Media Briefing daring, Rabu (6/4/2022).

 BACA JUGA:Ini Daftar Barang dan Jasa yang Bebas PPN 11%

Dia menjelaskan kalau masyarakat melaksanakan perjalanan untuk ibadah sekaligus perjalanan ke tempat lain, misalnya dari umrah di Mekkah dilanjutkan dengan perjalanan ke Turki, akomodasinya akan dikenakan PPN sebesar 1,1 persen.

Di mana perbedaan tarif tersebut dikarenakan terdapat perusahaan penyedia jasa perjalanan ibadah yang menawarkan paket perjalanan ibadah sekaligus paket perjalanan ke tempat lain.

 BACA JUGA:Tarif PPN Naik Jadi 11%, KSP: Kurangi Ketimpangan Ekonomi

Diketahui pada aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 71 Tahun 2022 tentang PPN atas Penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP) Tertentu.

Pada aturan itu pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan JKP tertentu wajib memungut dan menyetorkan PPN yang terutang dengan besaran tertentu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini