Share

Menperin Tekankan Pentingnya Pendampingan Bisnis IKM

Antara, Jurnalis · Senin 11 April 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 320 2577199 menperin-tekankan-pentingnya-pendampingan-bisnis-ikm-ctuteII1Gg.jpg Menperin Agus Gumiwang tekankan pentingnya pendampingan IKM (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memacu Industri Kecil Menengah (IKM) untuk menembus pasar ekspor. Dia menekankan pentingnya pendampingan intensif kepada IKM dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2022.

“Pendampingan bisnis ini merupakan program keberlanjutan Gernas BBI 2022 untuk menaikkan jumlah unit artisan Indonesia (UMKM/IKM), sekaligus menciptakan nilai bagi produsen dan konsumen agar memiliki produk lokal yang berkualitas,” kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin (11/4/2022).

Saat ini Kemenperin telah memulai pendampingan intensif kepada 30 IKM unggulan Lampung hasil kurasi melalui platform e-SmartIKM. Untuk itu, pihaknya telah menggandeng pemerintah Pprovinsi, kabupaten dan kota Lampung, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan(OJK), top brands, Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), dan Dekranasda untuk menggelar kick off Gernas BBI Lampung pada 17 Maret lalu.

Dalam acara tersebut, Kemenperin sekaligus mengumumkan 30 IKM terpilih yang diseleksi dari 478 IKM pendaftar melalui website esmartikm.id.

“Sebanyak 30 IKM unggulan Lampung ini berasal dari berbagai kabupaten/kota di Lampung yang memproduksi beragam komoditas yaitu makanan dan minuman (19 IKM), mainan anak (1 IKM), fesyen (3 IKM), kerajinan (7 IKM), serta mesin teknologi tepat guna (1 IKM),” kata Menperin.

Ia mengatakan 30 IKM ini terpilih melalui tiga tahap kurasi, baik dari segi persyaratan dasar, mapping tingkat literasi digital pendaftar e-Smart IKM, hingga berbagai kriteria penilaian seperti aspek produk, pengelolaan bisnis, hingga aspek manfaat sosial dan lingkungan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini