Share

MotionPedia: Yuk Kenali Perbedaan Metode Transfer SKN, RTGS dan RTO

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 622 2606935 motionpedia-yuk-kenali-perbedaan-metode-transfer-skn-rtgs-dan-rto-AtF9JfjuE6.jpg MotionBanking (Foto: Okezone.com/MNC Bank)

JAKARTA  - Era digitalisasi dipenuhi dengan kemajuan teknologi pada berbagai sektor kehidupan. Tidak hanya perkembangan pada sosial media saja yang bisa dinikmati, namun juga berpengaruh pada aktivitas perbankan zaman kini.

Layanan perbankan yang semakin berkembang mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi, seperti pembayaran online shop, pembayaran berbagai tagihan serta transfer antar rekening maupun antar bank.

Khusus untuk layanan transfer antar bank, ada sejumlah biaya admin yang harus dibayarkan oleh pengirim dana di luar dari jumlah dana yang akan dikirimkan.

Dalam melakukan aktivitas transfer dana, ada 3 metode berbeda yang dapat dipilih, tergantung dengan niat dan kebutuhan dari pengirim maupun penerima dana. Apa saja ya 3 metode tersebut dan bagaimana perbedaannya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Real Time Online (RTO)

Jenis metode transfer real time ini merupakan layanan yang paling sering digunakan. Metode transfer RTO ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, bisa melalui ATM/internet banking/mobile banking.

Dengan menggunakan metode transfer ini, dana langsung sampai ke rekening tujuan. Biaya transfer antar bank dengan metode RTO umumnya berkisar antara Rp 6.500 - 7.500 dengan limit Rp 25 juta per hari.

2. Real Time Gross Settlement (RTGS)

Dengan metode transfer RTGS, dana yang dikirimkan akan sampai pada rekening tujuan di hari yang sama namun memerlukan waktu yang lebih lama dari metode RTO perkiraan 1 jam sampai 1 hari.

Transfer RTGS umumnya dilakukan untuk pengiriman dana dengan nominal yang cukup besar seperti di atas Rp100 juta dan dilakukan melalui teller bank dengan biaya admin antara Rp25 ribu - Rp50 ribu.

3. Kliring Nasional Indonesia (SKN)

Metode transfer SKN ini biasanya digunakan untuk transfer antar bank dalam jumlah yang besar. Umumnya metode SKN ini membutuhkan 1 jam - 1 hari hingga dana sampai ke rekening tujuan.

Meskipun memakan waktu yang lebih lama, namun transfer antar bank dengan menggunakan metode SKN memerlukan biaya admin yang paling murah dibandingkan dengan metode RTO maupun RTGS, yaitu sekitar Rp 2.500 – Rp 3.500.

Karena biaya admin transfer antar bank yang cukup murah, metode SKN kian diminati oleh masyarakat. Pada periode 1 September - 30 Juni 2022, MotionBanking (aplikasi perbankan digital oleh PT Bank MNC Internasional Tbk) memberikan promo bebas biaya transfer SKN hingga 10 kali per bulan.

Biaya SKN akan diberikan dalam bentuk cashback yang dikreditkan maksimum 14 hari kerja setelah transaksi berhasil. Info lebih lengkap dapat mengunjungi bit.ly/bebastransferMB

Bagi Anda yang belum memiliki rekening tabungan di MotionBanking, segera unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini