Share

3 Pertimbangan Perusahaan Sebelum IPO

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 278 2611084 3-pertimbangan-perusahaan-sebelum-ipo-kQNCtC8cJQ.jfif 3 Pertimbangan Perusahaan Sebelum IPO. (Foto: Okezone.com/MNC Sekuritas)

JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas senantiasa memberikan informasi terkait dengan pasar modal, termasuk mengenai pendanaan go public.

Pendanaan go public sendiri merupakan pendanaan jangka panjang yang bersifat kepemilikan tanpa perlu jaminan. Sebelum memutuskan untuk membeli saham dari emiten yang tengah melakukan proses initial public offering (IPO) atau go public, ada baiknya Anda mengetahui juga seperti apa proses IPO. Berikut ini adalah 3 hal yang sering menjadi pertimbangan perusahaan sebelum melakukan IPO.

Baca Juga: OJK Apresiasi MNC Sekuritas Aktif Edukasi Investasi ke Masyarakat

1. Waktu yang Diperlukan untuk Go Public

Waktu yang diperlukan untuk masing-masing perusahaan melakukan go public tentu berbeda-beda. Biasanya perusahaan membutuhkan waktu antara 3 sampai 12 bulan. Lama proses waktu untuk go public sendiri tergantung dari besaran penawaran umum, struktur perusahaan, kompleksitas bisnis, serta kebutuhan restrukturisasi sebelum go public dan masih banyak lainnya.

2. Bidang Usaha yang Sesuai untuk Go Public

Anda barangkali memiliki pertanyaan mengenai bidang usaha apa sajakah yang paling sesuai untuk melakukan go public. Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai ini karena perusahaan dalam segala jenis usaha dapat melakukan go public. Sebelum memutuskan untuk membeli saham IPO perusahaan tertentu, Anda dapat melihat terlebih dahulu rekam jejak pertumbuhan kinerja, rencana pengembangan usaha, serta manajemen yang kuat dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Ternyata Ini Dia Cara Kerja Reksa Dana! Cek Infonya dari MNC Sekuritas!

3. Waktu Terbaik untuk Melakukan Go Public

Pertanyaan selanjutnya adalah kapan waktu yang terbaik untuk melakukan go public. Waktu terbaik untuk melakukan go public adalah ketika perusahaan sedang bertumbuh dan membutuhkan dana untuk ekspansi. Selain itu, ketika kondisi pasar saham tengah cukup kondusif juga bisa menjadi faktor pendukung bagi waktu terbaik untuk melakukan go public.

Itulah dia 3 pertanyaan yang sering menjadi pertimbangan perusahaan dalam mencari pendanaan di pasar modal dengan cara go public. Sebagai informasi, MNC Sekuritas juga menyediakan layanan Investment Banking bagi calon emiten yang berencana untuk melakukan IPO. Tim Investment Banking MNC Sekuritas siap memberikan solusi finansial yang terintegrasi dan secara khusus disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Informasi selengkapnya dapat Anda akses di website MNC Sekuritas: www.mncsekuritas.id

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini