Share

Mentan Sebut Stok Cabai Cukup tapi Kok Harganya Mahal Banget

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 04 Juli 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 320 2623076 mentan-sebut-stok-cabai-cukup-tapi-kok-harganya-mahal-banget-mXupvUJG9V.jpg Harga cabai rawit naik (Foto: Okezone)

JAKARTA – Harga cabai mengalami kenaikan di sejumlah daerah. Bahkan kenaikan harga cabai menjadi salah satu penyumbang inflasi Juni 2022.

Di tengah mahalnya harga cabai, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini ketersediaan cabai di tingkat petani cukup bahkan surplus dari total kebutuhan cabai masyarakat.

Mentan Menjelaskan bahwa berdasarkan data ketersediaan cabai, Mentan SYL sampaikan bahwa produksi cabai besar nasional pada bulan Juni sebesar 78.040 ton dan cabai rawit 1.723 ton.

Sementara kebutuhan untuk cabai besar diperkirakan 76.317 ton sehingga neraca cabai besar surplus 1.723 ton. Hal yang sama juga terjadi pada cabai keriting, ada surplus 1.403 ton karena kebutuhan nasional bulan Juni diperkirakan 72.159 ton.

Jika harga cabai di pasaran saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan memang salah satu faktornya adalah momentum pada perayaan hari raya Idul Adha, maupun hari raya lainnya.

Namun demikian ada faktor lain yang juga membuat harga cabai saat ini cukup pedas di Tingkat masyarakat, seperti misalnya kondisi anomali cuaca hingga serangan Hana penyakit yang masih sehingga membuat panen tidak optimal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Memang ada dinamika harga menjelang hari raya Idul Adha. Dan ini adalah momentum yang terjadi setiap tahun, idul Fitri, Idul Adha, Natal dan tahun baru. Tapi kami hadir di sini, bersama Pak Bupati dan jajaran lainnya untuk memastikan bahwa cabai tersedia cukup," kata Mentan pada keterangan tertulisnya, Senin (4/6/2022).

Misalnya berdasarkan data early warning system (EWS) bulan Juni hingga Juli, ketersediaan cabai baik cabai besar maupun cabai rawit di Kabupaten Sumedang juga mengalami surplus.

Sekedar Informasi produksi cabai besar dan rawit bulan Juni, sebanyak 515 ton dan 393 ton, sementara kebutuhan cabai besar dan rawit adalah, 324 ton dan 307 ton. Untuk bulan Juli, produksi cabai besar dan rawit mencapai 500 ton dan 337 ton sedangkan kebutuhan untuk kedua cabai tersebut adalah 353 ton dan 321 ton.

Tadi ada yang membahagiakan, ternyata dari kenaikan yang ada, petani juga turut menikmati. Jadi jangan sampai hanya pedagang saja. Tentu konsumen juga harus kita perhatikan bersama juga," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini