Share

Proyeksi Ekonomi Dunia Dipangkas, BI Masih Pede Pertumbuhan Ekonomi Berlanjut

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 320 2628664 proyeksi-ekonomi-dunia-dipangkas-bi-masih-pede-pertumbuhan-ekonomi-berlanjut-hCkJSrR4Rw.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone.com)

BALI - Bank Indonesia (BI) memastikan pemulihan ekonomi Indonesia tetap berlanjut di tengah ketidakpastian global.

Deputi Gubernur BI Juda Agung mengatakan, perekonomian global saat ini dihadapkan pada sejumlah tantangan yang tidak dapat hanya ditangani oleh satu instrumen kebijakan Bank Sentral, suku bunga.

Menurutnya, Dunia menghadapi risiko stagflasi yang serius. Dampak majemuk dari Covid-19 pandemi dan ketegangan geopolitik Ukraina-Rusia yang sedang berlangsung telah terwujud baru-baru ini prospek pertumbuhan global.

"Bulan lalu, Bank Dunia telah merevisi turun proyeksi pertumbuhan global untuk 2022 menjadi 2,9%, OECD juga memangkas proyeksi pertumbuhan global untuk tahun 2022 menjadi hanya sekitar 3% dan IMF dapat mengikuti dengan pemotongan lebih lanjut setelah sebelumnya pada bulan April," ucapnya di Nusa Dua Bali, Rabu (13/7/2022).

Kendati demikian, Juda memastikan pemulihan ekonomi Indonesia tetap terjaga. Pemulihan ekonomi Indonesia tetap terjaga pada didukung oleh meningkatnya permintaan domestik dan ekspor.

"Pemulihan juga telah didukung dengan likuiditas yang cukup dan pemulihan pertumbuhan kredit," ujarnya.

Bank Indonesia memperkirakan pemulihan ekonomi domestik akan terus berlanjut, didukung oleh peningkatan mobilitas, sumber keuangan dan kegiatan usaha, serta disertai ekspor yang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini