Share

Krisis Pangan Tahun Ini Disebut Paling Terburuk, Ini Alasannya

Heri Purnomo, iNews · Kamis 21 Juli 2022 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 320 2633679 krisis-pangan-tahun-ini-disebut-paling-terburuk-ini-alasannya-zameW6oIoT.jpg Ilustrasi pangan beras. (Foto: Bulog)

JAKARTA - Pengamat pangan IPB, Sahara menilai kondisi krisis pangan yang dialami saat ini merupakan kondisi terburuk dalam ketahanan pangan dunia.

Kondisi ini lebih buruk dibandingkan tahun 2018.

"Kondisi krisis pangan saat ini cukup mengkhawatirkan, krisis pangan di tahun 2022 ini lebih dahsyat dibandingkan tahun 2018," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Kamis (21/7/2022).

Menurutnya, kondisi krisis pangan saat ini diperparah akibat adanya pandemi Covid-19, perang Rusia-Ukraina serta pembatasan dari berbagai negara dalam mengekspor kebutuhan pokok.

 BACA JUGA:Waspadai Ancaman Nyata Krisis Ekonomi Global

Selain itu, adanya guncangan dari sisi penawaran dan permintaan terhadap kebutuhan pangan di dunia memicu kenaikan harga pangan yang signifikan.

"Guncangan dari sisi permintaan itu terjadi ketika penurunan produksi pangan akibat kondisi cuaca buruk, kenaiakan harga energi yang mendorong kenaikan harga pupuk dan ditambah perang," ucapnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menjelaskan akibat adanya guncangan permintaan terhadap kebutuhan pangan tersebut berdampak terhadap daya beli masyarakat yang turun.

Hal itu dikarenakan harga pangan yang semakin tinggi sehingga akses terhadap kebutuhan pangan sulit untuk dibeli oleh masyarakat.

Dia pun memprediksi bahwa kenaikan harga pangan akan terus berlangsung selama kondisi perang serta pembatasan ekspor terhadap kebutuhan pangan berlangsung.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini