Share

Pulihkan Ekonomi RI, KKP Terapkan Strategi dengan Libatkan UMKM

Heri Purnomo, iNews · Minggu 24 Juli 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 320 2635235 pulihkan-ekonomi-ri-kkp-terapkan-strategi-dengan-libatkan-umkm-ePAZ4JpJ5I.jpg Ilustrasi UMKM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerapkan strategi pemulihan ekonomi dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertajuk Warna-Warni Kalimantan Selatan sebagai salah satu penguatan hilirisasi produk UMKM.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan, strategi yang diterapkan berupa digitalisasi UMKM, hilirisasi industri, dan ekonomi hijau atau ekonomi berkelanjutan dengan konsep ramah lingkungan.

Menurutnya, hal tersebut sesuai amanah Kepres Nomor 15 Tahun 2021 sekaligus merespon pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Paripurna DPR-RI, 16 Agustus 2021 lalu.

 BACA JUGA:KKP Pakai Stelina Tutup Celah IUU Fishing

Di mana terdapat tiga strategi besar pemulihan ekonomi nasional.

"Gernas BBI juga menjadi bagian dari peningkatan akses pasar untuk mendukung tiga program prioritas pembangunan KKP yang berbasis inovasi dan teknologi menuju ekonomi biru berkelanjutan," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/7/2022).

Menteri Trenggono menilai tema Jelajahi Warna Warni Kalimantan Selatan mengandung pesan keanekaragaman Kalimantan Selatan dalam hal kuliner berbahan ikan, corak batik Sasirangan, aneka produk UMKM, dan kekayaan budaya asli Kalimantan Selatan.

"KKP mendukung penuh program Gernas BBI melalui hastag #PasarLautIndonesia dengan melaksanakan berbagai kegiatan," jelasnya.

Melalui program Gernas BBI, dia memastikan KKP telah melakukan kurasi UMKM terpilih untuk mengikuti program pendampingan, pembinaan branding serta fasilitasi promosi hingga peningkatan kemampuan akses pasar di pasar lokal dan menuju ekspor.

Tahun ini, KKP berkolaborasi dengan Pemprov Kalsel dan Bank Indonesia perwakilan Kalsel dalam melaksanakan program tersebut.

"Sebuah kebanggaan bagi KKP untuk mengadakan kegiatan Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Selatan," sambungnya.

Sementara, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti memaparkan saat ini terdapat 62.389 unit UMKM yang mencakup berbagai jenis usaha pengolahan ikan.

Gernas BBI Kalsel, KKP bersama Pemprov Kalsel dan Bank Indonesia perwakilan Kalsel melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM dalam kegiatan produksi, manajemen usaha, promosi dan pemasaran.

Kemudian fasilitasi promosi dan pemasaran produk UMKM unggulan melalui website, medsos, e-commerce, marketplace, serta di ruang terbuka publik.

Para UMKM juga dilibatkan dalam pelatihan general dan on boarding bekerjasama dengan Shopee dan Gojek.

"Kita lakukan juga pembinaan dan pendampingan UMKM unggulan siap ekspor, dan melaksanakan kampanye Gernas BBI Kalsel," pungkas Artati.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini