Share

Indonesia Punya 'Harta Karun' Triliunan Rupiah, Bisa Buat Bayar Utang?

Rizky Fauzan, MNC Portal · Selasa 26 Juli 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 320 2636318 indonesia-punya-harta-karun-triliunan-rupiah-bisa-buat-bayar-utang-BT855yTwtb.jpg Migas RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia digadang-gadang memiliki potensi migas terbesar di dunia, hal itu didorong oleh temuan potensi migas dari area Andaman II yang dioperatori oleh Premier Oil.

Bahkan selanjutnya di area Andaman III oleh Repsol yang diharapkan bisa menemukan hasil yang serupa.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan bahwa di Blok Andaman I, Premier Oil menemukan cadangan migas melalui pengeboran sumur Timpan-1 dengan potensi sumber daya migas mencapai rata rata sekitar 6 Trillion Cubic Feet (TCF).

Meskipun demikian, potensi dari Andaman II ini bisa lebih besar, sebab temuan itu baru melangsungkan pengeboran pada satu struktur saja, sedangkan Blok Andaman II memiliki 10 struktur.

"Di Andaman II sendiri ada 10 struktur yang sekarang ditemukan baru satu sumur, di mana dari struktur itu diperkirakan estimasi cadangannya 1,5 triliun kaki kubik (TCF)," kata Dwi melalui daring dalam acara Energy Corner, Selasa (26/7/2022).

Dia berharap Blok Andaman II menjadi temuan besar ke depannya, setelah nantinya ditemukan cadangan di struktur lainnya. Selain itu, dia juga menaruh harapan pada Andaman I dan Andaman II.

"Untuk menuju ke tahap rencana pengembangan atau biasa disebut Plan of Development (POD), setidaknya Premier Oil perlu melakukan pengeboran dua sumur lagi di Blok Andaman II," ujarnya

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengatakan wilayah Andaman kemungkinan bisa masuk dalam area giant discovery yang berpotensi menjadi temuan cadangan migas terbesar dunia. Terutama jika Repsol selaku operator Blok Andaman III kembali mengulang kesuksesan yang dilakukan oleh Premier Oil di Andaman II.

"Blok Andaman III kan oleh Repsol, kalau ini ketemu juga ini bisa menjadi penemuan besar dunia. Kalau di sana ketemu, menyebarnya ke Thailand karena arahnya ke sana jadi luar biasa kalau ada," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini