Share

Pertamina Akui Penyaluran BBM Subsidi Tidak Tepat Sasaran

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 320 2642004 pertamina-akui-penyaluran-bbm-subsidi-tidak-tepat-sasaran-QglTGg5t6G.jpg Penyaluran BBM Subsidi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertamina mengakui penyaluran subsidi BBM masih belum tepat sasaran. Untuk itu, aplikasi MyPertamina bertujuan untuk mencegah terjadinya penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak tepat sasaran yang masih sering terjadi.

β€œDalam penyaluran BBM bersubsidi yaitu solar dan penugasan yaitu pertalite, ditemui banyak fakta penyaluran yang tidak tepat sasaran,” kata Section Head Communication Relations Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, Arya Yusa Dwicandra dilansir dari Antara, Kamis (4/8/2022).

Dia menjelaskan masih ada masyarakat mampu yang ikut mengkonsumsi BBM bersubsidi sehingga akan membebani dan mempengaruhi kuota yang harus dipatuhi Pertamina Patra Niaga selaku badan usaha yang ditugaskan.

Oleh karena itu pihaknya mengajak masyarakat di NTT yang memiliki kendaraan untuk terus melakukan pendaftaran kendaraan dalam aplikasi tersebut untuk menekan penyalahgunaan BBM bersubsidi di wilayah NTT.

Arya menambahkan bahwa subsidi yang tepat sasaran ini menjadi penting, mengingat pemerintah sendiri telah berkontribusi besar mengalokasikan dana hingga Rp520 triliun untuk subsidi energi di tahun 2022.

Dalam memastikan subsidi energi dapat disalurkan tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga sedang menunggu revisi Peraturan Presiden No. 191/2014 mengenai pemberian subsidi serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

"Hal-hal yang terkait segmentasi pengguna, kuota dan regulasi terkait penyaluran lain akan tertuang dalam regulasi tersebut yang pada saatnya akan diterapkan,” tambah dia.

Dia juga menegaskan Pertamina Patra Niaga selaku yang ditugaskan juga berinisiatif untuk memastikan penyaluran di lapangan ini bisa berjalan lebih tepat sasaran dengan memulai uji coba pendaftaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini