Share

Emiten Kebab Baba Rafi Kantongi Dana IPO Rp119,45 Miliar

Agregasi Harian Neraca, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 278 2644069 emiten-kebab-baba-rafi-kantongi-dana-ipo-rp119-45-miliar-VNKRqAg8o7.jpg Emiten kebab baba rafi IPO (Foto: Okezone)

JAKARTA – Emiten Kebab Baba Rafi PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) memperoleh dana segar hasil IPO Rp119,45 miliar.

Direktur Utama RAFI Eko Pujianto mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana hasil IPO senilai Rp13 miliar untuk pelunasan pembayaran rencana transaksi akuisisi PT Lazizaa Rahmat Semesta. RAFI akan menggunakan sisa dana IPO untuk pembelian bahan baku waralaba, bahan baku segar, sewa gudang, biaya gaji karyawan, dan pemeliharaan.

“Bagi kami ini adalah bentuk kepercayaan dan apresiasi atas perjuangan SKB Food yang bertransformasi dari UMKM dengan gerobak di lantai trotoar menjadi korporasi yang melantai di Bursa Efek Indonesia," ujarnya.

RAFI memiliki kegiatan usaha untuk mendistribusikan bahan baku baik berupa olahan maupun non olahan dari penyedia kepada mitra waralaba dan mitra distributor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, perseroan juga membangun rantai distribusi suplai bahan baku makanan kepada mitra waralaba yang telah bermitra dengan Sari Kreasi Boga.

Kata Eko, dengan adanya potensi rantai distribusi yang telah dibangun dapat mengembangkan penjualan kepada pangsa pasar selain mitra waralaba seperti hotel, restoran, cafe, pasar tradisional, pemindangan, dan toko kelontong yang tersebar di area Jabodetabek, dan seluruh Indonesia. Adapun dalam segmen penjualan waralaba makanan dan minuman ada Kebab Turki Babarafi, Container Kebab by Babarafi, Smokey Kebab, Sueger, Kebab Kitchen, Babarafi Café, Ayam Utuh, Jellyta, Raffi Express dan Ayam Pul.

"Kami telah sukses membuka waralaba di seluruh kota besar yang ada di Indonesia untuk merek-merek yang telah dimilikinya," ujar Eko.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Hingga saat ini, ada 969 mitra waralaba yang telah bergabung bersama Sari Kreasi Boga. Selain makanan timur tengah yakni kebab, RAFI juga mengembangkan produk lain yaitu masakan yang berbahan baku ayam dan mengembangkan produk minuman dengan merek Sueger dan Jellyta.

Hingga Maret 2022, RAFI mengantongi pendapatan sebesar Rp32,45 miliar atau melonjak 199% dari periode yang sama tahun lalu Rp10,82 miliar. Emiten ini mengantongi laba bersih Rp5,13 miliar atau melompat 294% dari periode yang sama tahun lalu Rp1,30 miliar. Kemudian di tahun 2021 kemarin, RAFI mencatatkan kinerja positif jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dilihat dari laba bersih yang meningkat sebesar 100%. Adapun dari segi pendapatan RAFI mencatat Rp117,11 miliar atau melesat daripada tahun 2020 hanya sebesar Rp40,56 miliar.

Pencapatan saham RAFI di pasar modal menjadi emiten ke-34 pada tahun 2022 juga mendanai jumlah emiten saat ini telah mencapai 800 emiten. Kondisi ini membawa pasar modal Indonesia capai rekor nilai penggalangan dana tertinggi penawaran umum saham di ASEAN sebesar Rp62,5 triliun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini