Share

6 Fakta Anggaran Bansos Disebut-sebut Jokowi Bakal Ditambah

Feby Novalius, Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 320 2646609 6-fakta-anggaran-bansos-disebut-sebut-jokowi-bakal-ditambah-TVz9FCNItP.jpg Presiden Jokowi Beri Sinyal Anggaran Bansos Segera Ditambah. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Jokowi berulang kali mengatakan soal anggaran bansos yang akan ditambah. Namun hal tersebut bergantung pada kondisi APBN.

Namun Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan adanya kontraksi realisasi anggaran perlindungan sosial (perlinsos) untuk masyarakat terdampak di Juli 2022 sebesar 6,2%.

Penyebabnya antara lain dipengaruhi oleh subsidi energi dan bantuan langsung tunai (BLT) desa.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Perlinsos Jebol 6,2%, BLT dan Subsidi BBM Jadi Penyebab

"Angkanya terkontraksi dibandingkan tahun 2021 karena beberapa hal. Dari segi realisasi belanja Kementerian/Lembaga (K/L), terlambatnya penyaluran bansos PKH tahap III dan Kartu Sembako bulan Juni dan Juli di Kemensos karena belum selesainya proses perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK)," ujar Sri dalam konferensi pers APBN KITA Edisi Agustus 2022.

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik terkait anggaran bansos yang akan ditambahkan Presiden Jokowi, Minggu (14/8/2022):

1. Jokowi Hitunggan Anggaran

Presiden Joko Widodo bakal menambah anggaran bantuan sosial (bansos). Namun dia akan menghitung lagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menambah pemberian bantuan sosial (bansos).

"Nanti kalau APBN-nya ada uang lebih, nanti akan kami, insya Allah akan kami tambahkan," kata Jokowi.

Baca Juga: Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta, Ini Kata Kemnaker

2. Tujuan Tambahan Anggaran Bansos

Presiden Joko Widodo bakal menambah anggaran bantuan sosial (bansos). Namun dia akan menghitung lagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menambah pemberian bantuan sosial (bansos).

"Nanti kalau APBN-nya ada uang lebih, nanti akan kami, insya Allah akan kami tambahkan," kata Jokowi.

3. Instruksi Jokowi

Jokowi menginstruksikan jika ada kelebihan dana di APBN yang diperoleh dari pajak, PNBP, ekspor, diarahkan untuk masyarakat di bawah. Dirinya ingin masyarakat selalu mendapat bansos supaya kebutuhannya terjaga.

"Ini juga diperkuat, sehingga bisa nanti ada tambahan-tambahan (bansos) untuk mereka," tuturnya.

4. Jokowi Cairkan BLT

Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Pasar Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa.

5. Bantuan Modal Kerja Cair

Jokowi berpesan agar masyarakat memanfaatkan BMK senilai Rp1,2 juta sebagai tambahan modal kerja atau modal usaha. Bantuan tersebut juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang produktif, tambahnya.

6. BLT Jangan Dibelikan HP

"Jangan ya, jangan dibelikan handphone. Kalau bisa, dipakai untuk tambahan modal kerja, modal usaha. Kalau enggak, ya dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif. Jangan dipakai untuk beli pulsa," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini