Share

Garuda Indonesia dan Citilink Diminta Sediakan Tiket Pesawat Murah, Bisa Makin Rugi?

Heri Purnomo, iNews · Kamis 18 Agustus 2022 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 320 2650256 garuda-indonesia-dan-citilink-diminta-sediakan-tiket-pesawat-murah-bisa-makin-rugi-0IZbcjrmOX.jpg Garuda Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat Penerbangan Alvin Lie menyoroti perihal permintaan maskapai BUMN yakni Garuda Indonesia dan Citilink untuk menjual harga tiket murah ditengah kondisi harga minyak dunia yang mengalami kenaikan.

Dirinya menilai bahwa permintaan tersebut merupakan hal yang kurang masuk akal. Hal tersebut dikarenakan maskapai BUMN tersebut saat ini masih mengalami kerugian.

"Agak tidak masuk akal ya, kita lihat kondisi sekarang saja Garuda Indonesia dan Citilink masih rugi, siap tidak jika kerugiannya makin bertambah," katanya kepada MNC Portal, Kamis (18/8/2022).

Dirinya mengatakam bahwa saat ini maskapai penerbangan masih mengalami kerugian. Hal tersebut lah yang sulit untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Dirinya mengatakan, maskapai penerbangan masih mampu bertahan dalam melakukan kegaitan penerbangan dikarenakan adanya silang subsidi dari route penerbangan yang tingkat okupansinya banyak.

"Saat ini maskapai penerbangan masih bertahan walau sering rugi. Kadang bisa subsidi silang dari route yang penumpangnya banyak," katanya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Bahkan dirinya memprediksi jika kondisi seperti saat ini masih terus berlangsung, kegiatan penerbangan akan mengalami pemberhentian operasional.

"Tapi jika berlanjut ya akan stop operasi. Seperti tahun 2020 - 2021 saat puncak pandemi," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta Menteri BUMN Erick Thohir agar maskapai Garuda Indonesia segera menambah pesawat agar harga tiket pesawat bisa kembali ke harga normal.

Meskipun demikian, Presiden menyadari penambahan pesawat tidak mudah karena harga avtur internasional atau bahan bakar penerbangan sedang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini