Share

Jadi Trader atau Investor, Mana yang Anda Pilih?

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 16 September 2022 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 278 2669028 tayang-jumat-16-september-2022-jadi-trader-atau-investor-mana-yang-anda-pilih-7JT9AVz1Dh.jpg MNC Sekuritas (Foto: Okezone.com/MNC Sekuritas)

JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Berkenaan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas berkomitmen untuk mendukung penciptaan investor baru di pasar modal, baik investor saham maupun investor reksa dana.

Investasi di pasar modal memang semakin diminati oleh banyak orang, termasuk generasi milenial yang mendambakan keuntungan atau mulai mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan finansial. Sebagai investor pemula, Anda mungkin masih perlu menggali karakter Anda, apakah cocok menjadi trader atau menjadi investor.

Untuk itu, ada baiknya Anda memahami perbedaan antara trader dan investor. MotionTrade telah merangkum 3 perbedaan utama antara trader dan investor:

1. Menurut Prinsip

Seorang trader memiliki prinsip buy dan sell. Trader melakukan pembelian dan penjualan dengan melakukan analisa terhadap grafik pergerakan saham untuk memperoleh keuntungan. Sementara itu, investor memiliki prinsip buy dan hold, yakni membeli saham kemudian menyimpannya dalam jangka waktu cukup panjang. Investor baru akan menjual portofolio sahamnya saat sudah mencapai tujuan keuangannya.

2. Menurut Analisis yang Digunakan

Trader menggunakan analisis teknikal dalam menganalisa fluktuasi harga suatu saham. Sementara itu, investor memanfaatkan analisis fundamental untuk mengetahui kinerja dan prospek saham yang akan dibeli. Analisis fundamental dilakukan dengan mengevaluasi strategi perusahaan dan laporan keuangan emiten.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Menurut Keuntungan

Dari sisi keuntungan, seorang trader dapat merealisasikan keuntungan relatif lebih cepat dalam jangka waktu yang singkat, sedangkan investor akan merealisasikan keuntungan di masa akan datang, dan seringkali dianggap selayaknya "tabungan" saham.

Setelah mengetahui 3 perbedaan di atas, apakah Anda sudah dapat menentukan mana karakter investasi yang cocok dengan Anda, sebagai trader atau investor? Apapun pilihan Anda, keduanya sama baiknya jika Anda memulai terlebih dahulu langkah investasi di pasar modal.

Dengan fitur ’Open Account’, Anda dapat membuka rekening saham dan reksa dana melalui smartphone kapan pun dan dimana pun! Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini