Share

Realisasi Capex Astra Rp7,6 Triliun di Semester I-2022, untuk Apa Saja?

Cahya Puteri Abdi Rabbi, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 278 2672726 realisasi-capex-astra-rp7-6-triliun-di-semester-i-2022-untuk-apa-saja-vLXA813J1Z.jpg Ilustrasi saham. (Foto: Freepik)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) telah merealisasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp7,6 triliun hingga semester pertama tahun ini.

Serapan tersebut setara 30% dari alokasi capex ASII sepanjang tahun yang sebesar Rp25 hingga Rp26 triliun.

Presiden Direktur ASII Djony Bunarto Tjondro menjelaskan, dana apex yang telah digunakan sebagian besar dialokasikan untuk unit usaha pertambangan dan alat berat.

“Capex tersebut kami alokasikan di unit bisnis pertambangan di United Tractors dan PAMA. Digunakan untuk peremajaan alat berat dan lainnya,” kata Djony dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

 BACA JUGA:Rencana Astra (ASII) Usai Akuisisi Bank Jasa Jakarta

Sementara itu, sebagian capex yang telah diserap dialokasikan untuk investasi perseroan di PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), juga investasi di bidang digital dan transportasi logistik.

Djony menjelaskan, unit bisnis pertambangan dan alat berat memiliki kontribusi paling besar yakni sebesar 42% terhadap pendapatan perseroan. Hal itu dikarenakan tren harga komoditas yang kian melonjak beberapa waktu belakangan.

Adapun, unit bisnis infrastruktur juga mulai memberikann kontribusi positif yang besar terhadap kinerja bisnis ASII.

Sedangkan, untuk lini bisnis baru belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perseroan.

Untuk itu, perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan portofolio bisnis dan mengembangkan ekosistem dalam Grup Astra.

Perseroan juga gencar mencari peluang bisnis baru seperti berinvestasi pada layanan kesehatan, digital dan layanan keuangan.

“Beberapa investasi baru tersebut sejalan dengan peta jalan yang kami susun untuk bisnis Astra ke depannya,” pungkas Djony.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini