Share

Indonesia Hadapi Masalah Serius Soal Ketahanan Pangan

Ikhsan Permana, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 320 2678797 indonesia-hadapi-masalah-serius-soal-ketahanan-pangan-CK6DdmtKNt.jpg Indonesia menghadapi masalah ketahanan pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia menghadapi masalah serius soal ketahanan pangan. Saat ini, Indonesia masih dianggap ekonominya cukup baik karena di dorong oleh harga komoditas yang sedang booming.

"Nilai tukar petani ini kenapa nggak nyambung, naik terus sementara soal masalah pangannya kita mau impor, ada masalah serius soal ketahanan pangannya," ungkap Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira dalam acara Polemik yang disiarkan di laman YouTube MNC Trijaya, Sabtu (1/10/2022).

Bhima meminta masyarakat harus melihat lebih kritis soal masalah nilai tukar petani yang naiknya cukup tinggi yang ada di sektor tanaman perkebunan.

"Yang jelas sawit satu semester terakhir itu naiknya cukup tinggi," terangnya.

Bhima menambahkan, sekarang jika dibalik resiko ke depan, kalau resesi ekonomi terjadi secara global yang membeli sawit akan turun, itu di sektor pertanian. yang beli barang-barang tambang juga mengalami moderasi atau penurunan.

"Sehingga apa, ini yang tadinya kita surplus APBNnya Rp100 triliun lebih surplus neraca perdagangannya gemuk, jadi dalam waktu singkat kalau kita hanya mengandalkan naik turunnya harga komoditas internasional, itu bisa berbalik arah," jelas Bhima.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Dia menyebut bahwa harga sawit di pasar internasional sekarang kembali lagi ke posisi Juni 2021, jadi nilai tukar petani yang tadi mulai naik itu bisa dalam waktu singkat berbalik turun.

"Jadi kita melihatnya secara kritis bahwa ini nggak aman-aman juga, karena mengandalkan naik turunnya ini. Naik turunnya ini mau bicara penerimaan negara kalau kita hanya mengandalkan naik turunnya harga komoditas, itu bisa berbalik arah," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini