Share

BPN Targetkan 80% Bidang Tanah Sudah Didaftarkan hingga Akhir 2022

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 18 Oktober 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 470 2689251 bpn-targetkan-80-bidang-tanah-sudah-didaftarkan-hingga-akhir-2022-UdEFdXzoBI.jpg BPN Targetkan 80% Bidang Tanah Didaftarkan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Jendral Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Suyus Windayana menargetkan 80% bidang tanah di seluruh Indonesia sudah didaftarkan hingga akhir tahun 2022.

"Targetnya pada tahun ini pendaftarannya sudah mencapai 80% semua bidang tanah sudah didaftar dan diukur," kata Suyus Windayana dalam dalam pernyataan tertulisnya, Senin (18/10/2022).

Dia menjelaskan sejauh ini proses pendaftaran tanah berjalan on the track. Dengan progres ini diharapkan pada tahun 2025 target mendaftarkan seluruh bidang tanah bisa tercapai.

Adapun pada tahun ini, salah satu target yang hendak dicapai adalah melakukan sertipikasi bidang-bidang tanah ulayat atau tanah milik masyarakat adat.

"Kita juga sudah bekerja dengan beberapa universitas untuk mulai melakukan pendataan terhadap tanah-tanah ulayat atau tanah masyarakat adat," kata Suyus Windayana.

Direktur Jendral Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR), Virgo Eresta Jaya menambahkan percepatan pendaftaran tanah terus dilakukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan kontrol pemetaan secara visual melalui citra dari drone.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Dengan adanya drone, ini akan memudahkan Kepala Kantor Pertanahan melakukan pengecekan," kata Dirjen SPPR.

Selain itu, sejumlah perbaikan terhadap data-data lama juga terus dilakukan demi meningkatkan kualitas dari peta bidang yang sudah ada. "Jadi kalau peta kita sudah baik, saya nanti tinggal berorientasi pada peta pendaftaran online yang sekarang ada di bhumi.atrbpn.go.id," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini