Share

Tak Ingin Ketinggalan, Industri Asuransi Kembangkan Kecerdasan Buatan

Clara Amelia, Okezone · Minggu 23 Oktober 2022 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 23 320 2692692 tak-ingin-ketinggalan-industri-asuransi-kembangkan-kecerdasan-buatan-vaS5EfgmlZ.jfif Industri Asuransi Kembangkan Kecerdasan Buatan. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Industri asuransi mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan data analytics. Hal ini dilakukan agar tidak ketinggalan di era digitalisasi.

“Pengembangan AI dan data analytics mempunyai manfaat yang mencakup seleksi risiko calon nasabah, data profiling nasabah, mencegah terjadinya fraud dan risk monitoring serta meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis perusahaan," kata Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (23/10/2022).

Pihaknya yakin dengan penerapan teknologi ini akan semakin siap untuk menghadapi perubahan industri asuransi jiwa yang begitu cepat, beragam, dan memiliki berbagai macam tantangan baru, sekaligus membantu perusahaan dalam mewujudkan inovasi layanan digital yang berkelanjutan.

Baca Juga: OJK: Lembaga Penjamin Polis Beri Kepastian Pembayaran Klaim

Country Director, Indonesia, Google Cloud Megawaty Khie mengatakan, 4 dari 5 institusi keuangan di kawasan Asia-Pasifik telah merencanakan peningkatan penggunaan teknologi cloud selama tiga tahun ke depan. Mereka percaya bahwa cloud mampu menyimpan dan mengatur petabyte data dengan cara paling cepat dan hemat biaya, serta memfasilitasi penerapan data analytics dan alat bantu AI untuk menghadirkan pengalaman yang personal kepada generasi baru pengguna digital-first.

“BNI Life adalah salah satu dari institusi keuangan yang memanfaatkan infrastruktur dan layanan cloud, keahlian implementasi teknis, dan bakat kejuruan yang terampil untuk mempercepat inovasi dan melayani pelanggan lebih baik, sambil memenuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan," katanya.

Baca Juga: Bikin Syok! Mbak-Mbak Asuransi Punya Pendapatan Rp1,1 Miliar/Bulan

Selain sebagai penyedia infrastruktur dan layanan cloud data, Google Cloud akan terus berkolaborasi dengan mitra lokal seperti dengan Multipolar Technology dan dalam inisiatif pelatihan dengan banyak lembaga pendidikan, untuk memastikan bahwa kita memiliki ekosistem yang kuat dan menyeluruh guna memenuhi kebutuhan transformasi digital di lebih banyak organisasi di Indonesia.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Direktur Account Management FSI dan Commercial Multipolar Technology Herryyanto menuturkan bahwa industri asuransi di Tanah Air sedang bertransformasi menuju layanan yang modern, lengkap, dan relevan, khususnya terhadap kebutuhan generasi milenial di era digital saat ini. Teknologi advanced analytics dari Google Cloud dapat diterapkan di setiap lini dan proses bisnis secara end to end, dalam upaya tercapainya operational excellence dan customer experience terbaik.

“Transformasi bisnis menuju kinerja yang berkelanjutan serta solusi-solusi inovatif adalah kunci untuk menghadapi pasar yang sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru," katanya.

Seperti diketahui PT BNI Life Insurance (BNI Life) melakukan continuous improvements melalui inovasi dalam infrastruktur pengembangan artificial intelligence (AI) dan data analytics yang didukung oleh Google Cloud melalui mitranya, PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology) dan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini