Share

Industri Penerbangan RI Siap Hadapi Ancaman Resesi 2023

Heri Purnomo, MNC Portal · Jum'at 04 November 2022 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 320 2700777 industri-penerbangan-ri-siap-hadapi-ancaman-resesi-2023-1C6yQJu2E4.jpg Industri Penerbangan RI Siap Hadapi Resesi. (Foto: Okezone.com/AP 2)

JAKARTA - Lembaga keuangan internasional memprediksi ekonomi global pada 2023 akan mengalami resesi. Hal ini pun akan berdampak pada industri penerbangan.

Aosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) mengungkapkan bahwa pihaknya terus memantau situasi yang ada saat ini.

Baca Juga: Resesi Adalah Penurunan Aktivitas Ekonomi, Ditandai Banyak PHK hingga Lesunya Daya Beli

"Kita di industri penerbangan tentunya terus waspada, mau tidak mau industri penerbangan terpengaruh banyak dengan kurs dolar, karena biaya operasi kita terutama sparepart masih impor dan itu menggunakan mata uang asing," kata Sekjen Inaca Bayu Sutanto dalam Market Review IDX Channel, Jumat (4/11/2022).

Namun demikian, Bayu tetap optimis bahwa tingkat okupansi penerbangan di Indonesia khusnya penerbangan domestik masih cukup baik.

Baca Juga: Kabar Buruk dari Sri Mulyani: Ekonomi Dunia Dipastikan Resesi di 2023

Hal ini dikarenakan, Industri pariwisata yang saat ini sedang dalam kondisi yang meningkat. Sehingga ham ini sangat membantu terhadap okupansi penerbangan di Indonesia.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Sesuai proyeksi kita, bahwa tahun ini adalah tahun awal pemulihan Industri penerbangan dan untuk penerbangan domest akan mengalami pemulihan pada tahun 2024," katanya.

Sedangkan, proyeksi pemulihan penerbangan internasional diproyeksikan akan pulih di tahun 2025. Hal itu dikarenakan penerbangan internasional bergantung kepada kebijakan buka-tutupnya perjalanan di suatu negera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini