Share

Lowongan Kerja Terbuka Lebar, Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital

Raka Dwi Novianto, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 320 2721533 lowongan-kerja-terbuka-lebar-indonesia-butuh-9-juta-talenta-digital-HH6BwGN48t.JPG Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: MPI)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan salah satu kunci untuk menaikkan peringkat Indonesia pada World Talent Competitiveness Index yaitu dengan banyak melahirkan talenta muda, terutama di dunia digital.

Terlebih, pemerintah saat ini tengah melakukan percepatan transformasi digital.

Diketahui, peringkat Indonesia pada World Talent Competitiveness Index 2022 masih berada di urutan 51 dari 63 negara.

Sementara negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, masing-masing sudah berada di peringkat 31 dan 4.

 BACA JUGA:Bersaing di Pasar Eropa, RI-Swiss Kerja Sama Kembangkan Talenta Muda Dalam Negeri

"Targetnya pada 2030, kita sudah memiliki sembilan juta SDM atau talenta digital di Indonesia," kata Moeldoko dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Mantan Panglima TNI ini menyampaikan, peningkatan dan pengembangan SDM Digital merupakan satu dari lima arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam percepatan transformasi digital.

Di mana, lanjut dia, transformasi digital telah menjadi bagian penting dalam mengubah landscape perekonomian Indonesia terutama bagi sektor.

Hingga Mei 2022, sudah ada 19 juta pelaku UMKM yang tergabung dengan ekosisyem digital, dan ditargetkan menjadi 30 juta pada 2024.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

"Di sektor pemerintahan, transformasi digital membuat kinerja K/L lebih efektif karena terkoneksi semua," ucapnya.

Sebagai informasi, Indonesia Digital Talent Day 2022 merupakan ajang apresiasi terhadap Perguruan Tinggi, Kementerian/Lembaga, dan Organisasi Kepemudaan yang telah mengikuti Program Pelatihan Pengembangan 100 Ribu Digital Talenta Indonesia.

Program tersebut merupakan kerja sama Kantor Staf Presiden dengan Huawei Indonesia yang sudah berjalan sejak Oktober 2020.

"Dari program ini, sudah terlahir 71 ribu talenta digital. Program seperti ini harus terus didorong sehingga target 100 ribu talenta digital bisa diwujudkan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Huawei Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Kantor Staf Presiden dan Kementerian/Lembaga yang telah mendukung dalam pengembangan dan percepatan transformasi digital di Indonesia.

Indonesia Digital Talent Day 2022 juga melibatkan sembilan Kementerian/Lembaga, yakni Kantor Staf Presiden, Kemensesneg, Kemendikbud, Kemkominfo, Kemnaker, Kemenparekraf, KemenPPPA, BSSN, dan BRIN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini