Share

Jonan Dukung Pembentukan Holding BUMN Pelabuhan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2015 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 19 320 1151958 jonan-dukung-pembentukan-holding-bumn-pelabuhan-IpCFsxnkkL.jpg Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendukung penuh dengan adanya pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pelabuhan dalam hal ini PT Pelindo (Persero). Saat ini, Pelindo terbagi dari empat perusahaan, yakni Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV.

"Kalau menurut saya, positif ya jadi besar (BUMN). Iya saya mendukung," kata Jonan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Menurut Jonan, dengan pembentukan holding BUMN pelabuhan akan menguatkan posisi Pelindo dalam hal mencari pinjaman.

"Saya kira enggak ada yang jadi induk ya, karena itu kan korporasi saja, tergantung kebutuhan bisnis aja. Dipisah itu bukan ada masalah, ya kurang besar saja, misalnya dia kalau mau nyari uang, nyari pinjaman itu kurang banyak. Itu saja," paparnya.

Selain itu, dia menyarankan agar pembentukan holding ini dibuat perusahaan baru dan tidak menunjuk salah satu dari empat perusahaan Pelindo menjadi induk dari holding BUMN pelabuhan tersebut. "Enggak, bikin saja satu company lain yang baru. Bikin satu PT, misalnya PT Pelabuhan Indonesia. Kalau digabung kelamaan," paparnya.

Menurut Jonan, pada dasarnya adanya holding BUMN pelabuhan adalah aksi korporasi. Sehingga, hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

"Kalau dari segi pengelolaan pelabuhan ya mengikuti aturan dari pengelolaan pelabuhan, tidak akan berubah walaupun itu jadi holding satu PT, misalnya PT Pelabuhan Indonesia, terus punya anak Pelindo I, II, II, IV sama saja. Enggak ada masalah," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini