Image

MNC Finance Apresiasi Kesiapan Polda Riau Kawal Eksekusi Jaminan Fidusia

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 16:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 12 320 1829200 mnc-finance-apresiasi-kesiapan-polda-riau-kawal-eksekusi-jaminan-fidusia-Y06EV8boib.jpg Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone

PEKANBARU- Polda Riau melakukan nota kesepahaman dengan sejumlah perusahaan pembiayaan (leasing) termasuk MNC Finance. Pihak MNC Finance sangat mengapresiasi karena pihak Kepolisian di Riau berkomitmen membantu dalam melakukan eksekusi jaminan fidusia costumer setelah adanya nota kesepahaman tersebut.

"Kita sebagai pihak pembiayaan sangat mendukung adanya MoU ini. Karena saat ini jika terjadi wanprestasi, pihak Kepolisian akan melakukan pengawalan untuk melakukan eksekusi terhadap aset jaminan fidusia," ucap General Manager Collection MNC Finance Syafruddin AA Sahuda, di Hotel Premiere Pekanbaru, Senin (11/12/2017).

Dia menjelaskan, bahwa selama ini yang selalu menjadi kendala dalam pembiayaan adalah pihak customer mengangap seolah olah tidak punya hutang, jadi kalau sudah jatuh tempo debitur lalai.

Baca juga: Teken MoU, Polda Riau dan MNC Finance Gencarkan Fidusia

"Padahal kita selalu memberikan peringatan hingga dua kali. Namun kadang ada debitur yang tidak mau melakukan kewajibannya. Kita beri surat pertama tidak ada respons, surat peringatan kedua juga diacuhkan. Baru setelah itu kita bisa melakukan eksekusi barang jaminan fidusia," ucapnya.

Dalam melakukan eksekusi jaminan aset fidusia MNC Finance menggunakan dua acara. Pertama melalui pihak ketiga yang perusahaannya sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kemudian yang kedua adalah melalui pihak Kepolisian.

Baca juga: Gaet Kemendagri, Dirut MNC Finance: Bisa Mengurangi Risiko Kredit Macet

Kapolda Riau Irjen Nandang menyarankan bahwa setelah adanya MoU dengan pihak Kepolisian, pihak leasing tidak lagi menggunakan jasa debt collector.

"Kita imbau kepada perusahaan pembiayaan, dengan adanya MoU bisa menggunakan jasa Kepolisian agar tidak ada kegaduhan di tengah masyarakat," ucapnya.

Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh pejabat tinggi Polda Riau dan seluruh Kapolres dan Kapolsek. Dari MNC Finance dihadiri oleh Kepala Cabang MNC Finance Pekanbaru Sugiarto Bustami dan General Manager Collection MNC Finance, Syafruddin.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini