Image

JK Tak Khawatir Ada Kerusuhan di Tahun Politik, Ekonomi Diproyeksi Stabil

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018, 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 02 20 1838741 jk-tak-khawatir-ada-kerusuhan-di-tahun-politik-ekonomi-diproyeksi-stabil-i1Gc9avLtp.jpg Wapres Jusuf Kalla. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Memasuki tahun politik, Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan bahwa stabilitas politik Indonesia akan terjaga. Pasalnya, peta kampanye politik belakangan telah bergeser.

Dia menilai, partai politik saat ini lebih memanfaatkan kekuatan media untuk kampanye dibandingkan dengan kekuatan massa. Oleh karena itu, kekuatan massa yang identik dengan kerusuhan tidak berlaku lagi dalam pesta politik saat ini.

"Bukti selama tiga kali tahun politik ada kerusuhan? Tidak ada sama sekali. Itu hanya pikiran masa lalu. Karena kampanye sudah berbeda, dulu kampanyenya mengumpulkan massa, benturan, sekarang kampanyenya di dunia maya, di udara kampanyenya sekarang di medsos bukan lagi di jalan. Jadi berbeda sekali," ujar Jusuf Kalla di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (2/1/2017).

Baca Juga: Tahun Politik, Pengembang Gedung Perkantoran Harus "Perang Harga"

Dia melanjutkan, dengan kondisi politik yang kondusif, maka akan menjamin stabilitas perekonomian sepanjang gelaran Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Apalagi, indikator makro ekonomi Indonesia dalam keadaan positif.

Menurutnya, tantangan kali ini justru datang dari kondisi geopolitk gobal. Misalnya, konflik di negara - negara Timur Tengah seperti Iran dan Irak. namun, Wapres menegaskan bahwa konflik geopolitik global tidak akan berpengaruh kepada perekonomian Indonesia.

"Tapi semuanya itu ekonomi kita tidak terpengaruh. Karena kita mempunyai pasar yang cukup besar walaupun ekspor kita apabila ada masalah bisa terpengaruh," tukas dia.


Baca Juga: Tahun Politik, PPATK dan Bawaslu Cegah Pencucian Dana Kampanye

Sekadar informasi, tahun 2018 ini akan berlangsung 171 Pilkada serentak di Indonesia. Perlu menjadi catatan bahwa daerah yang menyelenggarakan Pilkada adalah daerah yang notabene menjadi mesin penggerak perekonomian Indonesia seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Berlanjut di 2019, Indonesia juga akan menyelenggarakan Pemilu 2019.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini