Hampir Semua Penduduk RI Miliki Ponsel, tapi Belum Tentu Punya Rekening

ant, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 11 320 1897242 hampir-semua-penduduk-ri-miliki-ponsel-tapi-belum-tentu-punya-rekening-j6wEtuai4J.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk (BTN) meningkatkan penetrasi layanan keuangan inklusif terutama akses masyarakat ke produk perbankan.

"Hampir semua penduduk Indonesia mempunyai ponsel, tetapi mereka belum tentu memiliki rekening perbankan," kata Direktur Utama BTN Maryono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Untuk itu, BTN menggandeng layanan T-Cash untuk berperan dalam upaya meningkatkan Laku Pandai. Kerjasama ini ditargetkan dapat menghimpun Dana Pihak Ketiga berupa dana murah sebesar Rp1,5 triliun.

 

Pada tahap awal, kata Maryono, BTN, hingga akhir 2018, menargetkan bisa membuka 200 ribu rekening tabungan dari kerja sama tersebut. Dari jumlah nasabah tersebut, diharapkan dana murah yang bisa diraih mencapai Rp1,5 triliun.

"Ini potensi yang sangat besar dan harus kami manfaatkan untuk mendongkrak dana murah agar komposisinya bisa di atas 50%," katanya.

 

Dia menambahkan layanan BTN-T-Cash tersebut akan mempermudah agen griya BTN, dan agen layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai) milik Bank BTN, untuk memberikan layanan keuangan bagi masyarakat yang belum terjangkau perbankan.

"Ke depannya, Bank BTN dan T-Cash juga akan menghadirkan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam genggaman bagi para nasabahnya," katanya.

Layanan KPR Mikro dan KUR tersebut nantinya akan memanfaatkan metode analisa dan pengolahan data untuk menentukan pelanggan yang tepat untuk mendapatkan dua produk Bank BTN tersebut.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini