nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran dan Waktu

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 08 320 1933480 3-cara-agar-penyaluran-bansos-tepat-sasaran-dan-waktu-mENfwfMCYJ.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Menteri Sosial Idrus Marham mengumpulkan kepala daerah dan juga kepala dinas sosial di daerah dalam sebuah rapat koordinasi nasional. Adapun rapat koordinasi sendiri membahas tentang percepatan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), PKH, BPNT dan rastra Agustus tuntas.

Dalam kesempatan tersebut, Idrus menjelaskan mengenai cara agar penyaluran bansos dan sebagainya bisa tepat sasaran dan tepat waktu. Setidaknya ada tiga cara agar bansos tersebut bisa tepat waktu dan tepat sasaran.

"Saya di sini bukan arahan tapi ingin mensharing tukar pikiran bagaimana langkah yang kita ambil supaya penyaluran bansos Agustus tuntas," ujarnya dalam acara Rakornas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

 

Hal pertama adalah sigap dan tanggap. Menurut Idrus, peran Kepala Daerah dan juga pimpinan yang terlibat dalam penyaluran Bansos ini harus bisa tanggap dan siap.

"Mengurusi masalah sosial harus siap siaga. Ya tidak hanya konsep strategi tapi fisik juga sebagai pejabat harus selalu siap. Jadi ketika kita baru saja menyelesaikan rakor dengan pimpinan Himbara juga dari Bulog beberapa hari lalu kita melihat bahwa kunci penyaluran bansos kita Agustus ini ada di kepala dinas sosial seluruh Indonesia," jelasnya.

Selain itu lanjut Idrus, dalam menjalankan hal ini juga harus disertai niat yang tulus. Sebab jika niatnya sudah kuat dan tulus, maka seluruh permasalahan akan sangat mudah diatur.

"Kuncinya ada pada niat, ketika niat kita sudah sama masalah lain bisa diatur. Tapi kalau tidak sama masalah tidak ada tapi cari-cari masalah," ucapnya.

 

Selain itu lanjut Idrus, hal terpenting lainnya adalah bagaimana kerjasama antar pihak harus lebih dipererat. Dalam hal ini antara Pemerintah Daerah, Bulog, hingga perbankan yang berada di naungan Himbara agar penyaluran bisa lebih maksimal.

"Karena ada kesamaan pandangan ada kejujuran dari Kemensos, Himbara, Bulog, PMK kesadaran kejujuran kalau bicara penyaluran bansos sukses langkah terdepan adalah saudara semua kepala dinsos seluruh Indonesia," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini