Share

Kino Indonesia Beli Saham Milik Morinaga Rp74,8 Miliar

Rafida Ulfa, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 10 278 1962147 kino-indonesia-beli-saham-milik-morinaga-rp74-8-miliar-eHFUOwvB10.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – PT Kino Indonesia Tbk (KINO) akan membeli seluruh saham milik Morinaga & Co Ltd sebesar Rp74,899 miliar. Transaksi tersebut merujuk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 31/POJK.04/2015 tentang keterbukaan atas informasi atau fakta material oleh emiten atau perusahaan publik.

Diketahui bahwa tujuan transaksi tersebut untuk menjadi pihak pengendali pada PT Morinaga Kino Indonesia, dengan PT Kino Indonesia yang akan membeli seluruh saham milik Morinaga.

“Sumber dana yang digunakan oleh PT Kino Indonesia Tbk untuk membeli saham tersebut adalah berasal dari kombinasi sisa dana hasil penawaran umum saham perdana yang telah dialokasikan untuk keperluan akuisisi dan kas internal,” ujar Direktur dan Sekretaris Perusahaan Budi Muljono dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/10/2018).

 Baca Juga: Bermodal Rp5,9 Miliar, Kino Indonesia Bikin Anak Usaha di Kamboja

Dalam keterangan tersebut juga menjelaskan bahwa, PT Kino Indonesia akan memiliki kendali dalam perusahaan tersebut baik dalam hal penetapan kebijakan perusahaan maupun pengambilan keputusan strategis. Pembelian saham ini pun tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi keuangan perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods tesebut.

“Hal ini akan memberikan imbal hasil yang positif secara langsung bagi kondisi keuangan konsolidasian PT Kino Indonesia Tbk. Laporan keuangan PT Morinaga Kino Indonesia juga akan dikonsolidasikan dalam PT Kino Indonesia Tbk,” lanjutnya.

Baca Juga: Produk Kino Indonesia Raih Sertifikat Halal

Transaksi pembelian saham ini pun diharapkan akan memberikan keuntungan bagi Kino Indonesia, seiring dengan prospek pertumbuhan industri makanan yang menjanjikan.

Dapat diketahui bahwa transaksi pembelian saham ini bukan merupakan transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu di mana Morinaga & Co. Ltd. Bukan merupakan afiliasi dari PT Kino Indonesia Tbk. Nilai transaksi pembelian saham ini juga tidak termasuk transaksi material dan perubahan kegiatan usaha utama, dikarenakan nilai transaksi tidak mencapai 20% dari ekuitas PT Kino Indonesia Tbk.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini