nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN Layani 30 Ribu Pelanggan di Sumut Tahun Depan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 11:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 11 320 1962562 pgn-layani-30-ribu-pelanggan-di-sumut-tahun-depan-5kiBReSPMw.jpg Pipa PGN. Foto: Okezone

MEDAN - PT Perusahaan Negara (PGN) telah melayani sekitar 20 ribu pelanggan di Sumatera Utara di tahun 2018 ini. Tahun depan, jumlah itu akan meningkat sekitar 10 ribu, seiring dengan pelaksanaan program jarigan gas (jargas) yang telah dicanangkan Pemerintah sejak 2017 lalu.

Head Distribution Management Gas Regional III Herry Yusuf mengatakan, 20 ribu pelanggan yang mereka layani saat ini terdiri 19.474 pelanggan rumah tangga, 402 pelanggan kecil, 73 pelanggan komersil dan 47 pelanggan industri. Pelanggan industri dan komersil saat ini mendominasi konsumsi dari total pasokan yang mencapai 14 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd).

Baca Juga: Lewat dari 90 Hari, Bagaimana Kelanjutan Akuisisi Pertagas oleh PGN?

"Untuk konsumsi yang paling besar itu di industri lalu di komersil. Kalau di rumah tangga masih sangat kecil, bahkan di bawah 1%. Jadi secara pasokan masih aman untuk penambahan 10 ribu pelanggan rumah tangga di tahun depan,"sebut Herry saat menerima kunjungan wartawan di Stasiun Pengatur Gas PGN di Pasar IX, Jalan Veteran, Kecamatan Labuhan Deli, Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (11/10/2018).

Sebelumnya puluhan wartawan terbitan lokal medan dan nasional mendatangi Stasiun Pengatur Gas PGN di Pasar IX, sebagai bagian dari kegiatan Media Gathering yang digelar PGN di Medan dan Samosir, 10-12 Oktober 2018.

Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor 

Herry menyebutkan kebutuhan 20 ribu pelanggan tersebut saat ini PGN memiliki pasokan sekitar 13 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd). Pasokan itu didapat dari dua suplai pasok di Arun Belawan dan Sei Wampu.

"Arun Belawan memasok sekitar 8-9 mmscfd, sementara Wampu memasok sekitar 4 mmscfd. Sebahagian besar pasokan itu kita kontrol dari sini (Stasiun Pasar IX)," jelasnya.

Baca Juga: Miliki 51% Saham, PGN Salurkan Gas ke Sumut Pakai Pipa Pertagas

Sementara untuk infrastruktur, lanjut Herry, pendistribusian gas ke sekitar 20 ribu pelanggan itu telah didukung dengan pipa sepanjang 600 kilometer. Terdiri dari 200 kilometer (km) pipa baja dan 400 km pipa PE.

"Pipa baja kita gunakan untuk distribusi alur utama hingga ke pelanggan industri. Sementara pipa PE kita gunakan untuk jaringan ke pelanggan komersil dan rumah tangga. Saat ini kita juga sedang membangun jaringan pipa untuk proyek jaringan gas 10 ribu rumah tangga di Medan dan Deliserdang, yang rencana akan rampung tahun ini dan dialiri gas mulai tahun depan," tandasnya.

Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini