nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Bagasi Lion Air dan Citilink Tak Lagi Gratis

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 08:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 320 2003073 fakta-fakta-bagasi-lion-air-dan-citilink-tak-lagi-gratis-b68JDKjKrV.jpg (Foto: Tripsavvy)

JAKARTA – Maskapai Lion Air kini memasang tarif untuk bagasi pesawat mereka. Hal ini sudah berlangsung mulai 8 Januari 2019. Tak hanya Lion Air, kini Citilink pun mengikuti jejak Lion untuk tarif bagasi.

Berikut fakta-fakta yang dihimpun Okezone mengenai pemasangan tarif bagasi pesawat Lion Air dan Citilink, Minggu (13/1/2018):

1. Lion Air dan Wings Air beri kebijakan baru terkait bagasi per tanggal 8 Januari 2019 untuk penerbangan domestik

Grup maskapai penerbangan Lion Air Group mengeluarkan sebuah kebijakan baru terkait bagasi dan barang bawaan untuk layanan penerbangan domestik. Mulai 8 Januari 2019, Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis (free baggage allowance) sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

2. Lion Air dan Wings Air tak lagi beri cuma-cuma bagasi 10-20 kg

Seluruh penerbangan domestik Lion Air tidak akan lagi memberlakukan bagasi cuma-cuma 20kg per penumpang. Begitu pula dengan penerbangan domestik Wings Air. Para penumpang tidak akan lagi mendapatkan bagasi gratis yang sebelum diberi secara cuma-cuma 10 kg per penumpang.

Baca Juga: Lion Air dan Citilink Kenakan Bagasi Berbayar, Menhub Nilai Tak Kurangi Minat Penumpang

3. Calon penumpang Lion Air dan Wings Air per orang hanya diizinkan bagasi dengan berat maksimal 7 kg

Setiap calon penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

4. Jika ingin menggunakan fasilitas bagasi, penumpang harus melakukan pembelian voucher bagasi

Bagi calon penumpang yang ingin membawa bagasi, fasilitas ini bisa didapatkan dengan melakukan pembelian voucher bagasi terlebih dahulu (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan, kantor penjualan tiket dan situs resmi Lion Air Group.

Baca Juga: Syarat jika Lion Air Ingin Pungut Biaya Bagasi

5. Hal ini dilakukan Lion Air untuk meminimalisir biaya tambahan yang tinggi atas kelebihan bagasi

“Penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi ekstra atau kelebihan atas bagasi yang ditetapkan (Excess Baggage Ticket). Hal ini sebagai bagian upaya membantu setiap pelanggan dalam meminimalisir biaya tambahan yang relatif tinggi karena kelebihan bagasi,” tulis siaran pers Lion Air yang diterima Okezone dari Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro.

6. Tak hanya Lion Air, kini Citilink juga terapkan tarif bagasi untuk penerbangan domestik

Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia akan memberlakukan ketentuan baru untuk penumpangnya. Ketentuan ini yakni mengenakan biaya pada penumpang yang hendak bepergian dengan membawa bagasi tercatat pada rute-rute penerbangan domestik.

7. Pemilik member Super Green dan Garuda Miles akan tetap dapat fasilitas bagasi gratis 10 kg

Ketentuan bagasi tercatat ini hanya akan diberlakukan untuk penerbangan domestik saja. Khusus penumpang Citilink Indonesia rute internasional (seperti Jakarta-Penang, Banyuwangi - Kuala Lumpur dan Denpasar – Dili), serta penumpang yang telah menjadi member Supergreen atau Garuda Miles member akan tetap mendapatkan 10 kilogram gratis dengan pembelian di page member.

8. Penghapusan tarif cuma-cuma bagasi Lion Air dan Citilink tak menurunkan minat penumpang

Fenomena penghapusan layanan gratis bagasi ini dinilai Menteri Perhubungan Budi Karya tak menurunkan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi pesawat, khususnya pada maskapai LCC.

"Sebenarnya enggak (menurunkan minat penumpang). Kan penumpang bisa mendisiplinkan diri (saat membawa barang)," lanjutnya.

9. Biaya ini diharapkan membuat masyarakat menghemat barang yang dibawa

Menteri Budi menyatakan, dengan adanya biaya tersebut maka masyarakat akan lebih menghemat jumlah barang yang dibawa. Hal ini membuat kemudahan dan penghematan waktu dalam penyusunan bagasi, yang juga berkaitan dengan tingkat persentase penerbangan tepat waktu atau on time performance (OTP).

"Jadi memang kalau mau pergi, ngapain bawa yang enggak-enggak. Ini juga kan berkaitan dengan OTP. Jadi bawa oleh-oleh yang kecil saja, enggak usah yang besar. Pakaian juga secukupnya saja, saya pikir 7 kilogram kalau untuk perjalanan 2 hari masih cukup," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini