nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Beras RI Disebut Tertinggi di Dunia, Menko Darmin: di Jepang Lebih Mahal

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 15:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 15 320 2018428 harga-beras-ri-disebut-tertinggi-di-dunia-menko-darmin-di-jepang-lebih-mahal-zyNNzkIc7y.jpeg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menepis jika harga beras dan daging ayam di Indonesia menjadi tertinggi di dunia. Hal ini sekaligus membantah pernyataan dari calon Presiden nomor 02, Prabowo Subianto.

Menurut Darmin, secara penjualan ritel, harga beras di Jepang masih lebih mahal ketimbang di Indonesia.

"Coba saja beli di Jepang kalau enggak harganya 2 kali, 3 kali lipat dari kita," ujarnya di Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Baca Juga: RI Ekspor Beras, Wujud Kemandirian Pangan

Dia mengatakan, harga beras Thailand di perdagangan internasional memang lebih murah, namun tidak benar jika secara ritel harga beras di Indonesia lebih mahal.

Menurutnya, harga beras seharusnya tidak dibandingkan secara internasional. Sebab, ada beberapa negara yang merupakan negara penghasil beras sehingga menjual beras dengan murah untuk tujuan ekspor.

beras

"Harga kalau di ritel siapa bilang termahal? Tapi kalau di perdagangan internasional memang harga di Thailand itu murah, tapi itu tidak ada di internasionalnya," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam kunjungannya ke Blora, Kamis 14 Februari, Prabowo mengklaim harga beras Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

"Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia, demikian daging juga tertinggi di dunia,” katanya.

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini