nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Beras Stabil, BPS: Kuncinya Stok

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 01 April 2019 14:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 01 320 2037754 harga-beras-stabil-bps-kuncinya-stok-GsCcJoofCa.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto memprediksi harga beras masih akan stabil pada bulan puasa mendatang. Bahkan kontribusi inflasi pangan pada bulan puasa mendatang juga diperkirakan akan rendah.

Seperti diketahui, sekitar satu bulan lagi akan memasuki bulan puasa yang diperkirakan jatuh pada tanggal 5 dan 6 Mei 2019.

 Baca Juga: BPS: Inflasi Gara-Gara Harga Tiket Pesawat Tak Wajar

Pria yang kerap disapa Kecuk itu menyebut jika kunci agar harga beras bisa stabil adalah dari pasokan. Maksudnya adalah bagaimana pemerintah bisa mengelola stok beras yang dimiliki saat ini.

"Sebelum dia akan drop pada bulan Mei. Jadi kalau kita benar-benar mengelola pada April dan Maret saya yakin harga beras terkendali. Sekarang kuncinya mengelola stok. Jadi kalau stok pengelolaan beras ini berharap harga beras akan stabil," ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Hal tersebut menyusul pengalaman pemerintah mengelola stok beras pada tahun lalu. Ketika itu harga beras relatif terkendali dikarenakan pemerintah terus mengelola stok dengan baik sehingga tak ada gejolak harga.

"Jadi harapan saya terkendali kalau kita belajar dari tahun lalu pada puasa dan Lebaran salah satu keberhasilan. Dengan pengalaman itu mudah mudahan akan stabil," katanya.

 Baca Juga: BPS: Pangan Deflasi karena Harga Beras Turun

Menurut Kecuk, alasan mengapa pemerintah harus benar-benar bisa mengelola stok karenakan pada bulan depan itu tidak ada panen raya terjadi. panen raya sendiri terjadi biasanya pada Maret dan Februari.

"Pada bulan Maret puncak panen raya, pada April masih," kata Kecuk.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini