nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menaker: Bukan Lapangan Kerja yang Buat Pengangguran

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 21:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 320 2047680 menaker-bukan-lapangan-kerja-yang-buat-pengangguran-WI3cFqu6q0.jpg Menaker Hanif Dhakiri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus menggenjot kualitas sumber daya manusia (SDM). Tujuan investasi pada SDM, supaya masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan.

"Jadi, bukan lapangan kerja yang membuat pengangguran semakin bertambah, tapi kualitas daya manusia itu sendiri yang harus kita tingkatkan lagi," ujarnya di acara diskusi KEIN Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga: Kepala Bappenas Heran Pengangguran SMK Lebih Banyak dari SMA

Dia menuturkan , empat dari 10 masalah investasi di Indonesia adalah ketenagakerjaan. Oleh karena itu, apabila masalah SDM teratasi maka persoalan di dunia kerja juga selesai.

"Investasi di Indonesia akan semakin lancar," tutur dia.

Baca Juga: Era Robotik Jadi Ancaman Bertambahnya Jumlah Pengangguran

Dia menambahkan bahwa ekosistem ketenagakerjaan di Indonesia masih kaku. Hal tersebut membuat masyarakat masih kesulitan mendapatkan pekerjaan meskipun memiliki pendidikan.

"Maka itu, ekosistem ketenagakerjaanharus diubah menjadi lebih fleksibel. Di mana hanya 2 dari 10 orang berpendidikan di Indonesia yang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi mereka," ungkapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini