nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

42 Emiten Lakukan Paparan Publik secara Online

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 11:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 19 278 2093728 42-emiten-lakukan-paparan-publik-secara-online-nVEED1S9Xt.jpg BEI adakan Public Expose secara Live (Foto: Yohana Artha Uly/Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar paparan publik (public expose) live 2019. Tahun ini paparan publik oleh 42 Perusahaan Tercatat dapat disaksikan langsung secara langsung melalui aplikasi Webinar.

Direktur Utama BEI Inarno menjelaskan, Webinar merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan seminar, talk show, diskusi dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara online melalui sebuah sistem yang disebut Zoom. Dengan demikian, tanpa mengharuskan penggunanya untuk bertatap muka.

Baca juga: Jelang HUT ke-74 RI, Kapitalisasi BEI Tembus Rp7.211 Triliun

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini diselenggarakan di berbagai daerah. Ini berlangsung di Main Hall BEI secara live dengan menggunakan Webinar. Dengan demikian investor ritel di segala penjuru bisa melihat paparan publik itu melalui aplikasi," jelas Inarno di Gedung BEI, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Laporan Keuangan

Menurutnya, respons yang didapatkan dari para investor sangat baik, tercermin dari jumlah investor yang berpartisipasi dalam paparan publik kali ini sebanyak 700 investor. Inarno menyatakan, kegiatan ini harus mampu dimanfaatkan emiten untuk menjelaskan kinerja keuangan terbaru, serta rencana bisnis jangka menengah dan panjang.

Baca juga: Bijak Memilih Perusahaan Efek untuk Berinvestasi Saham

"Investor juga dapat mengetahui informasi dari para emiten serta tahu mana saham yang baik untuk menengah dan jangka panjang," katanya.

Di sisi lain, tujuan yang juga tak kalah penting dari penyelenggaraan ini adalah menambah basis investor lokal. "Kemudian juga untuk meningkatkan likuiditas pasar," imbuhnya.

Baca juga: IHSG Sepekan Turun 0,92%, Transaksi BEI Jadi Rp8,6 Triliun

Untuk diketahui, acara paparan publik ini diselenggarakan bekerjasama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Acara berlangsung selama 19-21 Agustus dan 26-28 Agustus 2019 di Area Galeri BEI.

Adapun kriteria perusahaan yang dipilih adalah berurutan berdasarkan Indeks Kompas100 dan LQ45 yang belum melakukan paparan publik. Lalu Perusahaan Tercatat dengan kapitalisasi pasar tinggi namun tidak masuk dalam indeks. Serta kriteria terakhir adalah Perusahaan Tercatat yang baru mencatatkan saham perdananya di BEI.

Beberapa emiten diantaranya yang melakukan paparan publik adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, PT Medikaloka Hermina Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Kemudian ada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Medco Energi Internasional Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk, PT Waskita Beton Precast Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Sarana Menara Nusantara Tbk, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk.

Juga terdapat PT Alam Sutera Realty Tbk, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya Beton Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Aneka Tambang Tbk.

Selain itu PT Astra International Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk., PT PP Properti Tbk, PT Adaro Energy Tbk, PT Timah (Persero) Tbk, PT Gudang Garam Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Tak hanya itu ada PT Lippo Karawaci Tbk, PT AKR Corporindo Tbk, PT Vale Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Bank Permata Tbk. dan PT Elnusa Tbk.

1
2

Berita Terkait

BEI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini