nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efektivitas Belanja dan Program Kementan Dongkrak Perekonomian RI

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 13:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 320 2094247 efektivitas-belanja-dan-program-kementan-dongkrak-perekonomian-ri-GmVRLNIUF2.jpg Foto: Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Kementan)

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menilai Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai salah satu instansi yang efektif memanfaatkan anggaran belanjanya untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Menteri Pertanian Pastikan Tak Ada Penyegelan di Kementan

Menurut Pengamat Kebijakan Publik Tjipta Lesmana, data Kementerian PPN/Bappenas itu memang telah tepat dan dapat dibeberkan dengan banyak capaian. Hal tersebut menunjukkan Kementerian Pertanian serius mengembalikan kejayaan pertanian Indonesia.

Pertanian

"Memang selama hampir lima tahun terakhir ini, sudah banyak hasil dicapai Kementan di bawah pimpinan Menteri Amran Sulaiman yang menyumbangkan kontribusi positif kepada ekonomi Indonesia," ujar Tjipta, dalam keterangan Kementan, Selasa (20/8/2019).

Baca Juga: Mentan Blacklist Importir yang Terjerat KPK soal Suap Bawang Putih

Terkait efektivitas, belanja Kementan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, Tjipta menjelaskan, dapat dilihat dari melesatnya volume ekspor produk pertanian.

"Data BPS tahun 2013 volume ekspor produk pertanian kita hanya 33,5 juta ton. Terus pada tahun 2018 volume ekspor produk pertanian telah meningkat menjadi 42,5 juta ton," ucap Tjipta.

Sebelumya, Kementerian PPN/Bappenas melalui Direktur Keuangan Negara dan Analisa Moneter Boediastoeti Ontowirjo, membuka hasil riset yang menyatakan program belanja alat mesin pertanian (alsintan) Kementan memiliki dampak positif untuk perekonomian daerah.

Dari riset tersebut, setiap peningkatan 1% belanja alsintan oleh Kementan, maka mampu mendorong 0,33% peningkatan subsektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian di daerah.

Riset mengenai efektivitas belanja kementerian dan lembaga pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas selama kurun waktu 2016 hingga 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini