nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemudahan Perusahaan dengan Aset Skala Kecil dan Menengah untuk Melantai di Bursa

Sabtu 07 September 2019 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 278 2101483 kemudahan-perusahaan-dengan-aset-skala-kecil-dan-menengah-untuk-melantai-di-bursa-2UaJVostZD.jpg Kemudahan Melantai di Bursa (Foto: Okezone)

JAKARTABursa Efek Indonesia (BEI) siap menerima pencatatan perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah di Papan Akselerasi. Sebelumnya hanya ada dua papan di BEI, Papan Utama dan Papan Pengembangan.

Beleid mengenai papan ketiga di BEI ini berlaku sejak 22 Juli 2019, yakni Peraturan Nomor I-V Tentang Ketentuan Khusus Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas selain Saham di Papan Akselerasi yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat.

 Baca Juga: Corporate Action, Informasi Material bagi Investor

Penerbitan Peraturan ini sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 53/POJK.04/2017 Tentang Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Perusahaan Tercatat Dengan Aset Skala Kecil Atau Perusahaan Tercatat Dengan Aset Skala Menengah dan belum dapat memenuhi persyaratan di Papan Pengembangan.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 53/POJK.04/2017 mengatur tentang klasifikasi perusahaan aset skala kecil dan menengah, termasuk batasan pendanaan modal perusahaan. Perusahaan dengan aset skala kecil adalah yang memiliki aset tidak lebih dari Rp50 miliar, sedangkan perusahaan skala menengah memiliki aset lebih dari Rp50 miliar sampai dengan Rp 250 miliar.

 Baca Juga: Mengenal Profesi Penunjang Pasar Modal

Tujuan BEI membuat pencatatan ini adalah untuk membantu perusahaan yang diklasifikasikan dalam POJK Nomor 53/POJK.04/2017 agar lebih mudah mendapatkan pendanaan di pasar modal dengan memberikan kemudahan dari segi persyaratan pencatatan untuk Perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah. Pertimbangan lain adalah, perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah memiliki karakteristik tersendiri, sehingga perlu diatur secara khusus.

Dari segi persyaratan pencatatan, calon Perusahaan Tercatat di Papan Akselerasi tidak diatur mengenai minimum Aset Berwujud Bersih, Laba Usaha, Pendapatan Usaha, dan Kapitalisasi Pasar sebagaimana diatur untuk di Papan Pengembangan.

 Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen

Selain itu, Papan Akselerasi hanya mengatur minimum persentase saham yang ditawarkan ke publik sebesar 20% dan tidak mengatur minimum jumlah lembar saham sebagaimana diatur di Papan Pengembangan sebanyak 150 juta lembar saham atau 300 juta lembar saham di Papan Utama. Calon Perusahaan Tercatat di Papan Akselerasi juga masih diperkenankan mengalami rugi usaha dengan proyeksi laba usaha selambat-lambatnya 6 tahun sejak tercatat.

Dari segi kewajiban pelaporan, perusahaan di Papan Akselerasi ini juga mendapatkan keringanan antara lain hanya diwajibkan menyampaikan Laporan Keuangan Tahunan dan Laporan Keuangan Tengah Tahunan namun tidak diwajibkan menyampaikan Laporan Keuangan Kuartalan sebagaimana diwajibkan untuk Perusahaan Tercatat di Papan Utama maupun Papan Pengembangan.

Bagi Perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah, Papan Akselerasi ini dapat menjadi opsi untuk memperoleh akses permodalan yang lebih besar, mendorong ekspansi bisnis, mendorong tata kelola perusahaan yang lebih profesional sehingga dapat meningkatkan value dan aspek fundamental perusahaan.

Papan Akselerasi juga memberikan opsi yang lebih beragam bagi investor dalam memilih portofolio investasi dan memberikan peluang bagi investor untuk menjadi early-investor di perusahaan yang prospektif sehingga diharapkan yang menjadi investor di Papan Akselerasi ini adalah investor yang mempunyai pengalaman berinvestasi (sophisticated investor) dan memiliki profil risiko yang tinggi.

Di samping memberi manfaat bagi calon Perusahaan Tercatat dan Investor, Papan Akselerasi ini juga memberikan kemudahan bagi underwriter karena underwriter dapat memilih skema penjaminan penawaran umum best effort.

Perusahaan yang tercatat di Papan Akselerasi dapat berpindah ke Papan Utama atau Papan Pengembangan, apabila telah memenuhi persyaratan di kedua papan tersebut, atau tidak lagi memenuhi kriteria perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah berdasarkan POJK Nomor 53/POJK.04/2017. (TIM BEI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini