nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menperin: Digital Akan Dorong Pertumbuhan Ekonomi hingga 2%

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2019 13:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 06 320 2113478 menperin-digital-akan-dorong-pertumbuhan-ekonomi-hingga-2-1K8p6RxUAv.jpg Ekonomi Digital (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya memaksimalkan potensi dari penerapan ekonomi digital pada era industri 4.0. Indonesia dinilai memiliki sumber daya yang penting untuk pengembangan ekosistem ekonomi digital, sehingga pemerintah terus memberikan dukungan melalui berbagai kebijakan strategis.

“Indonesia memiliki lebih dari 60 juta masyarakat yang memiliki smartphone. Dengan resources ini, tidaklah heran kalau dalam waktu cepat Indonesia sudah punya empat unicorn, dan menjadi terbanyak di ASEAN. Kami optimistis sampai dengan 2024 akan lahir dua unicorn lagi di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (6/10/2019).

 Baca juga: Waktu Produktif dan Jam Tidur Milenial vs Orangtua

Menperin menyebutkan, melalui penerapan ekonomi digital, diproyeksi mampu mendorong peningkatan pada pertumbuhan ekonomi hingga 1-2%, penyerapan tenaga kerja lebih dari 10 juta orang, dan kontribusi industri manufaktur sebesar 25% terhadap PDB nasional. Hal ini sesuai dengan target yang terdapat dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

Airlangga mengungkapkan, berdasarkan studi Mckinsey, didorongnya ekonomi digital, Indonesia akan membutuhkan 17 juta tenaga kerja yang melek digital, dengan komposisi 30% di industri manufaktur dan 70% di industri penunjang. Sehingga, nantinya mendorong tambahan ekonomi sebesar USD150 miliar kepada ekonomi Indonesia.

 Baca juga: Keuntungan Industri ASEAN Akan Naik USD147 Miliar jika Terapkan 5G

“Inilah yang didorong agar kesempatan sebesar USD150 dalam bentuk ekonomi digital itu dimanfaatkan oleh tenaga kerja dan masyarakat Indonesia. Bisnis ini ada di Indonesia tergantung bagaimana kita memanfaatkannya,” tegasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini