nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkeu: Kebijakan Ekonomi Jadi Kekuatan Mengejar Indonesia Maju 2045

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 15:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 10 20 2115236 menkeu-kebijakan-ekonomi-jadi-kekuatan-mengejar-indonesia-maju-2045-pyekLuHdL6.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com/Avirista Midaada)

JAKARTA - Perekonomian Indonesia ditargetkan masuk 5 besar pada tahun 2045. Hal ini melihat potensi demografi yang dimiliki Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia bisa menjadi negara maju jika 70% masyarakatnya merupakan kelas menengah ke atas. Akan tetapi, banyak yang harus dibenahi saat ini.

 Baca juga: Perang Dagang China-Amerika Bakal Pengaruhi Ekspor RI, Begini Penjelasannya!

"Itu (negara maju) dengan asumsi kalau Indonesia persatuan dan keamanannya terjaga," ujar ujar Sri saat memberikan orasi ilmiah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Kamis (10/10/2019).

Menkeu Sri Mulyani (Foto: Okezone/Avirista)

Oleh sebab itu, lanjutnya, kekuatan ekonomi Indonesia harus diiringi oleh kebijakan ekonomi yang baik. Hal ini agar bisa tercapainya Indonesia maju di 2045.

 Baca juga: Fokus Jokowi Soal Kemiskinan 5 Tahun ke Depan, Ini Bocoran Menteri PPN

"Policy economy governance (kebijakan ekonomi pemerintah) dianggap punya kekuatan yang bisa menjadi stabilitas perekonomian negara," ujarnya.

Dengan potensi demografi yang dimiliki, Menkeu mengargetkan, Indonesia akan menjadi negara maju dengan pendapatan perekonomian tertinggi kelima di dunia pada 2045. "Pada 2045 saat itu Indonesia memiliki populasi 319 juta, bertambah dari hari ini. Kalau ekonomi kita jaga dengan baik Indonesia akan jadi negara GDP 5 besar di dunia," tuturnya.

Di depan ribuan mahasiswa Sri Mulyani juga pamer langkah konkret pemerintah yang telah dilaksanakan selama 5 tahun terakhir dan rencana apa yang dilakukan dalam 5 tahun berikutnya.

"Kalau Indonesia konsisten nanti akan jadi negara yang berkemajuan dan semakin maju," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini