nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LRT Jabodebek Masih Ada Kurangnya, Menko Luhut: Yang Penting Produksi Dalam Negeri

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 16:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 13 320 2116352 lrt-jabodebek-masih-ada-kurangnya-menko-luhut-yang-penting-produksi-dalam-negeri-Hcprg23zpV.jpg Kereta LRT Jabodebek (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku tidak masalah jika pada pembangunan proyek LRT Jabodebek nantinya masih memiliki beberapa kekurangan. Asalkan menurutnya, seluruh proyek dikerjakan dan menggunakan komponen dalam negeri.

 Baca Juga: LRT Jabodebek Diminta Lebih Canggih dari MRT Jakarta

Asal tahu saja, untuk kereta LRT Jabodebek sendiri diproduksi oleh PT Inka (Persero) di Madiun. Sedangkan bangunan relnya dibangun oleh PT Adhi Karya dengan bahan baku precastnya diproduksi sendiri oleh perseroan.

"Saya lapor ke Presiden, saya jelaskan 'pak ini masih kurang' tapi enggak apa-apa yang penting buatan Indonesia," ujarnya dalam acara pengangkatan perdana kereta LRT Jabodebek, Jakarta, Minggu (13/10/2019)

 Baca Juga: Menko Luhut hingga Menhub Angkat Kereta LRT Jabodebek ke Atas Rel

Menurut Luhut, dalam membuat kereta LRT Jabodebek, LRT diakuinya sudah sangat baik. Apalagi produk-produk kereta apa milik Inka banyak diminati oleh negara-negara lain.

"Selamat kepada Inka. Presiden sampaikan salam kepada yang mengerjakan ini, saya juga melihat transportasi teknologi. Inka ada pabrik di Banyuwangi ini memperlihatkan lebih baik," ucapnya.

 Kereta LRT Jabodebek

Menurut Luhut, dengan pencapaian tersebut seharusnya Indonesia patut berbangga. Karena pembangunan kereta LRT Jabodebek ini bisa dikerjakan tanpa campur tangan pihak asing.

"Sekarang anak bangsa harus bangga, kita enggak tahu anak Indonesia hebat-hebat," ucapnya.

Sebagai informasi, hari ini Kereta Lintas Rel Terpadu alias Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dilakukan prosesi pengangkatan pertama di pitstop Stasiun Harjamukti pada hari ini. Sebanyak satu rangkaian (trainset) yang terdiri dari 6 kereta (car) diangkat ke atas rel menggunakan Gantry Crane.

Dalam acara tersebut dihadi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Lalu ada juga,Deputi Bidang Infrastruktur Kementerian Koordinator Kemaritiman Ridwan Djamaluddin, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, dan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro.

Kemudian hadir juga jajaran dari Direksi BUMN. Sebut saja Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Inka (Persero) Budi Noviantoro, dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto.

 Kereta LRT Jabodebek

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini