nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2,2 Juta Ton Garam Impor Sudah Masuk ke Indonesia, Mau Ditambah?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 19:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 05 320 2126132 2-2-juta-ton-garam-impor-sudah-masuk-ke-indonesia-mau-ditambah-1U6hLsyiLp.jpg Petambak Garam. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan membeberkan sudah ada 2,2 juta ton garam industri impor hingga saat ini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari kuota impor garam tahun ini sebesar 2,7 gram.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, pihaknya belum melihat adanya urgensi untuk menambah kuota impor. Apalagi produksi garam petani juga saat ini belum terserap sepenuhnya.

Baca Juga: Harga Anjlok, Menteri KKP Diminta Segera Serap Garam Petani

Menurut Edhy, impor dilakukan hanya dalam kondisi dan waktu tertentu saja. Misalnya, impor bisa dilakukan apabila kebutuhan dalam negeri tidak mampu dipenuhi oleh petani garam.

Melihat Lebih Dekat Petani Memanen Garam di Desa Tambak Cemandi Sidoarjo

"Pada akhirnya impor itu suatu keterpaksaan. Bukan suatu keharusan. Kalau dalam negeri ada tentunya tidak akan serapan. Kalau ada produksi dalam negeri kita, kita pakai yang di dalam negeri," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga: Ini Penyebab Garam Pink Himalaya Harganya Mihil Bingits

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, ada sekitar 500 ribu ton garam industri lagi yang belum dikirimkan ke Indonesia. Hal itu disebabkan belum adannya permintaan untuk melakukan tambahan impor garam dari pelaku industri

"2,2  juta ton per Oktober," ucapnya

Menurut Indrasari, ada kemungkinan jika impor garam tidak akan dilakukan lagi. Apalagi, saat ini produksi gram petani begitu melimpah

"Tergantung industrinya, mau direalisasi semuanya atau tidak. (Akan segera keluar?) Kan udah dikeluarkan dari kemarin-kemarin, tinggal realisasinya," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini