nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Sikap Sederhana Bos yang Bisa Jadi Mood Booster

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 07:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 10 320 2140275 9-sikap-sederhana-bos-yang-bisa-jadi-mood-booster-uceGOJIdcp.jpg Bawahan dan atasan (Shutterstock)

JAKARTA – Sebagian besar karyawan pernah mengalami pengalaman tidak enak dengan para atasannya. Sering terjadi adalah tidak dihargainya pekerjaan sama sekali.

Bila kamu bertanggung jawab pada sebuah tim yang harus ditangani, maka hargai bawahanmu. Terlihat dari studi yang pernah dilakukan oleh Gallup, di mana banyak kliennya yang curhat bahwa pekerjaannya yang tidak dihargai.

Namun, hal tersebut bisa diantisipasi bila kamu jadi atasan, salah satunya mengapreasiasikan pekerjaan timmu. Walaupun hanya pekerjaan yang kecil, tetapi sikap itu akan membuat hari-hari atasan dan bawahannya akan lebih baik.

 Baca juga: Bikin Usaha? Ini 5 Taktik Negosiasi yang Perlu Diketahui

Mengutip Entrepreneur, Rabu (11/12/2019), oleh karena itu, berikut 9 cara menjadi atasan yang baik.

 Boosy

1. Ucapkan Terima Kasih Secara Langsung

Kata yang sangat sederhana ini dapat diucapkan secara langsung kepada karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan di atas rata-rata. Kalimat seperti, “kerja bagus!” dapat meningkatkan moral para pegawai.

 Baca juga: Trending Tagar DemiCariDuit, Netizen Rela Gosok Undian hingga Kerja di Papua

2. Ucapkan Terima Kasih Secara Tertulis

Ketika kamu seorang bos sedang sibuk, buatlah tulisan atau email. Gestur sederhana itu akan meninggalkan kesan yang sangat besar.

3. Beri Mereka Hadiah

Memberikan hadiah seperti kupon atau diskon berbelanja mungkin adalah tindakan kecil. Namun, para pegawai akan merasa senang jika diperlakukan seperti itu.

 Baca juga: Tips Bisnis Ala Steve Jobs, Cinta Jadi Salah Satunya

4. Beri Mereka Penghargaan

Jika terdapat karyawan yang memiliki kinerja tingkat tinggi, berilah apresiasi sebagai tanda penghargaanmu kepada mereka.

5. Tanyakan Keinginan/Tujuan Mereka

Dengan bertemu dengan karyawan secara teratur, kamu bisa menanyakan keinginan mereka atau bahkan membantu untuk mencapai keinginan tersebut. Para karyawan pasti akan menghargai jerih payahmu.

6. Umumkan Prestasi Karyawanmu

Jika terdapat prestasi luar biasa dari salah satu atau beberapa karyawanmu, umumkanlah ke semua karyawan. Bicaralah mengenai prestasi dan berterimakasihlah terhadapnya. Hal ini tidak hanya menghargai karyawan berprestasi tersebut, tapi juga memungkinkan karyawan lain untuk menerima apresiasi dari rekan-rekannya.

7. Percayakan Mereka Untuk Proyek yang Lebih Tinggi

Cara lain untuk mengapresiasi karyawanmu adalah dengan menugaskan mereka ke proyek yang lebih besar. Hal ini karena tanda kepercayaan atasan kepada karyawan bertambah.

8. Buat Pujian dengan Jelas

Jika kamu memuji karyawanmu, pastikan pujian itu tepat sasaran. Jangan hanya bilang “kerja bagus!”. Tapi kamu harus bisa bilang lebih spesifik seperti, “Kerja bagus Andi atas laporannya. Saya suka susunan laporan yang rapi.”

9. Bergaulah dengan Karyawanmu

Cara yang paling ampuh adalah dengan bergaul, berkomunikasi, mengobrol dengan karyawanmu. Langkah ini bisa mendekatkan atasan dengan karyawan sehingga jalinan kerja tidak terasa kaku.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini